Akibat Implan Bokong, Nyawa Wanita Ini Direnggut Kanker Langka

Implan bokong berujung petaka.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 04 Maret 2019 icon 09:45 WIB
Akibat Implan Bokong, Nyawa Wanita Ini Direnggut Kanker Langka

Ilustrasi bokong seksi. (Unsplash/Frank Uyt den Bogaard)

Seorang wanita yang memasang implan bokong didiagnosis menderita kanker langka. Penyakit yang disebut limfoma sel besar anaplastik (ALCL) itu umumnya berkaitan dengan implan payudara.

Dilansir dari Fox News, Sabtu (2/3/2019), kasus ini menandai pertama kalinya bahwa ALCL juga bisa memiliki kaitan dengan implan bokong. ALCL adalah jenis limfoma yang merupakan kanker sel sistem kekebalan tubuh.

''Kasus wanita tersebut membantu menunjukkan bahwa banyak implan bertekstur berpotensi menjadi (faktor) risiko ALCL dan bahwa secara umum, diskusi harus beralih dari 'kanker terkait implan payudara' ke 'kanker terkait implan','' ujar para penulis dalam laporan yang diterbitkan dalam Aesthetic Surgery Journal.

Baca Juga: Implan Rusak Sebelah, Payudara Mia Khalifa Akhirnya Dioperasi

Ilustrasi kanker - (Shutterstock)
Ilustrasi kanker. (Shutterstock)

Dalam kasus kanker langka ini, wanita berusia 49 tahun itu memasang implan bertekstur gluteal sekitar satu tahun sebelum didiagnosis menderita kanker. Dokter mengamati dia memiliki ulserasi pada kulit di sekitar implannya. Tes pencitraan pun mengungkapkan adanya cairan di sekitar implan bokong miliknya.

Ilustrasi pantat perempuan. (Unsplash/Lauren Richmond)
Ilustrasi pantat perempuan. (Unsplash/Lauren Richmond)

Sayangnya, kanker telah menyebar ke bagian lain tubuhnya, termasuk paru-paru. Biopsi dari massa di paru-parunya mengungkapkan sel 'ciri khas' ALCL. Kendati sangat giat menjalani kemoterapi, pasien akhirnya meninggal beberapa bulan kemudian.

Baca Juga: Kapok Implan Payudara, Michaiah: Mau Mati Rasanya!

Hanya saja, para penulis mencatat bahwa kasus ini hanya menunjukkan hubungan antara implan bertekstur pada wanita dan ALCL. Mereka tidak bisa mengonfirmasi bahwa implan adalah penyebab kanker pada wanita itu atau bukan. (Himedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Baca Juga: Implan Payudara Rusak, Wanita Ini Alami Keracunan Parah

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI