Beauty

Ini Manfaat Daun Salam untuk Kecantikan, Penasaran?

Daun salam bukan cuma untuk memasak, lho.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi daun salam. (Pexels/Designecologist)
Ilustrasi daun salam. (Pexels/Designecologist)

Dewiku.com - Daun salam yang memiliki nama latin Zysygium ternyata memiliki segudang manfaat. Banyak yang memanfaatkan daun dengan aroma khas ini sebagai obat herbal, tapi nggak banyak yang tahu kalau daun salam juga bermanfaat untuk kecantikan.

Penasaran apa saja manfaat daun salam untuk kecantikan? Berikut ulasannya.

Mengatasi mata lelah

Daun salam memiliki kandungan yang bisa digunakan sebagai rubefacient atau penghangat untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa membantu kamu mengatasi mata lelah.

Cukup kompres mata kamu dengan kapas basah yang sudah direndam dengan air rebusan daun salam. Ulangi mengompres beberapa kali hingga mata terasa lebih baik dan kembali segar.

Ilustrasi daun salam untuk mata lelah. (Pexels/Zun Zun)
Ilustrasi daun salam untuk mata lelah. (Pexels/Zun Zun)

Menyegarkan wajah

Seperti yang dijelaskan di atas, daun salam memiliki kandungan yang bisa digunakan sebagai rubefacient atau penghangat untuk melancarkan sirkulasi darah dan membuat wajah jadi segar.

Untuk melakukan perawatan ini caranya cukup mudah, rebus 5 lembar daun salam kering dengan 2 gelas air hingga mendidih dan gunakan uapnya untuk facial steam.

Merawat rambut

Mungkin nggak banyak yang tahu, tapi daun salam bisa membuat rambut lebih lembut, lho. Caranya juga cukup mudah, rebus air dengan daun salam dan gunakan untuk membasahi rambut sebelum pakai sampo kemudian bilas hingga bersih.

Daun salam juga bisa untuk anti ketombe. Tumbuk daun salam hingga menjadi bubuk lalu campur dengan minyak kelapa dan oleskan di kulit kepala.

Campuran minyak kelapa dan bubuk daun salam ini akan memperkuat folikel rambut dan membantu kamu mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Ilustrasi daun salam. (Pexels/Min An)
Ilustrasi daun salam. (Pexels/Min An)

Mengusir jamur kuku

Manfaat daun salam berikutnya adalah mengusir jamur kuku. Daun salam mengandung etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Ampuh mengusir jamur di kuku, baik itu kuku tangan atau kuku kaki.

Caranya cukup mudah. Rendam bagian tubuh yang terinfeksi jamur dengan air rebusan daun salam dan biarkan mengering secara alami. Ulangi proses ini sampai jamur pergi dan kamu bebas dari rasa gatal.

Berita Terkini