Takut Makeup Rusak Setiap Kali Mengoles Ulang Sunscreen? Ini Solusinya

Demi manfaat optimal, sunscreen memang perlu dioleskan beberapa kali dalam sehari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 12 Oktober 2019 icon 13:45 WIB
Takut Makeup Rusak Setiap Kali Mengoles Ulang Sunscreen? Ini Solusinya

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Sunscreen atau tabir surya wajib dipakai sebelum berakitivitas seharian. Namun tak cukup sekali, Anda perlu mengulangnya beberapa kali agar efek perlindungannya benar-benar awet sepanjang hari. 

Dilansir dari American Academy of Dermatology, seperti mengutip dari Hellosehat, produk perawatan kulit ini perlu dioleskan kembali setiap dua jam sekali atau segera setelah berenang atau berkeringat. Tujuannya, kulit tetap terlindungi dari masalah akibat paparan sinar matahari.

Namun saat memakai makeup, Anda mungkin sering bingung bagaimana caranya memakai ulang sunscreen tanpa perlu menghapus riasan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta? Body Lotion Membuat Bulu Tangan dan Kaki Makin Lebat

Nah, kuncinya ada pada jenis produk yang dipakai. Gunakan sunscreen yang berbentuk semprotan untuk melindungi kulit wajah tanpa membuat makeup rusak. Anda cuma tinggal menyemprotkannya ke seluruh bagian wajah dan leher tanpa terkecuali.

Pastikan semua kulit terbasahi oleh produk sunscreen dan tak ada yang terlewat. Setelahnya, biarkan cairan meresap dan kering dengan sendirinya.

Perempuan menggunakan face mist. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan tabir surya semprot. (Shutterstock)

Anda juga bisa menggunakan produk yang berbentuk bubuk seperti bedak. Anda cukup mengaplikasikannya atas makeup selayaknya memakai bedak dengan brush atau kuas dengan gerakan memutar secara perlahan.

Baca Juga: Mencegah Penuaan Dini, Kamu Wajib Punya 4 Produk Skincare Ini

Sunscreen bubuk seperti itu biasanya tak berwarna dan bertekstur ringan sehingga tidak akan mengubah tampilan makeup. Anda dapat dengan mudah memakai ulang sunscreen ini tanpa membuat wajah terasa cakey.

Baca Juga: Perlu Tahu, Tips Praktis Eksfoliasi Wajah Berjerawat

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Selain pastinya melindungi kulit dari sinar UV, produk tabir surya bedak juga kerap dilengkapi dengan vitamin A dan E. Hal itu membuatnya mampu turut melembapkan dan menghaluskan kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI