Beauty

Rawan Kena Bakteri, Ini 4 Bahan Rumah Tangga untuk Mencuci Spons Makeup

Spons makeup perlu dicuci secara berkala agar tidak merusak kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Spons Makeup (Pixabay/Katrina_S)
Ilustrasi Spons Makeup (Pixabay/Katrina_S)

Dewiku.com - Semi memastikan tampilan tetap flawless, spons makeup seperti beauty blender kerap digunakan. Meski begitu, jangan lupakan bahwa spons makeup juga rentan kotor dan ditumbuhi bakteri.

Spons makeup punya tekstur berpori-pori sehingga zat seperti minyak, kotoran, dan bakteri akan tertahan lebih lama.

Jika dibiarkan, kotoran yang ada di spons makeup bakal ikut mengenai kulit dan menimbulkan aneka macam masalah. Oleh karenanya, spons makeup perlu dicuci secara berkala.

Melansir laman Allure, membersihkan spons makeup ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, Anda bisa menggunakan aneka bahan rumah tangga berikut.

Ilustrasi spons makeup. (Pixabay/taraghb)
Ilustrasi spons makeup. (Pixabay/taraghb)

1. Sabun cuci piring

Anda bisa memakai menggunakan sabun cuci piring dan air panas untuk memastikan spons makeup bersih secara menyeluruh. Namun, hindari sabun cuci piring yang memiliki kandungan parfum atau wewangian.

Hal ini dilakukan untuk mencegah wangi sabun bercampur dengan makeup. Selain itu, bahan kimia pada wewangian bisa menimbulkan kerusakan pada makeup. Parfum pada sabun pun berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit. Pastikan untuk membilas spons hingga bersih.

2. Sabun cuci tangan

Sabun cuci tangan, termasuk yang berbentuk batangan, juga bisa dipakai untuk membersihkan spons makeup. Sebisa mungkin, pilih sabun cuci tangan dengan kandungan lembut dan diperuntukkan bagi kulit sensitif.

Sabun dan sampo. [Shutterstock]
Sabun dan sampo. [Shutterstock]

3. Sampo bayi

Sampo bayi dikenal sebagai salah satu bahan yang lembut dan tidak merusak kulit. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan bakteri dari spons makeup.

Rendam spons makeup dalam sampo bayi dan air, lalu cuci hingga bersih. Hindari tempat yang lembap untuk mengeringkan spons makeup.

4. Sabun cuci muka

Terakhir, kamu bisa pakai sabun cuci muka untuk mencuci spons makeup. Namun, hindari sabun cuci muka yang mengandung bahan sulfat. Sabun cuci muka dengan bahan bebas sulfat akan membantu menghindari iritasi pada kulit.

Selain itu, ingat pula untuk menyimpan spons makeup yang telah dicuci di tempat bersih dan kering. Jangan simpan spons bersama kuas makeup, dan cuci secara lebih rajin kalau kulit Anda mudah berjerawat.

Berita Terkait

Berita Terkini