Fokus Pada Kesehatan Kulit, L'Oreal Danai Penelitian Dermatalog Indonesia

L'Oreal bekerja sama dengan PERDOSKI dan Universitas Indonesia.

By: Amertiya Saraswati icon Kamis, 02 Desember 2021 icon 09:05 WIB
Fokus Pada Kesehatan Kulit, L'Oreal Danai Penelitian Dermatalog Indonesia

Ilustrasi Dermatolog (Pexels/cottonbro)

Brand kecantikan L'Oreal kembali mengadakan program untuk mendukung riset dan penelitian di seluruh dunia. Belum lama ini, L'Oreal merilis Hair and Skin Research Grant di Indonesia.

Program Hair and Skin Research Grant ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Program ini bertujuan mendukung penelitian dermatolog Indonesia.

Lewat program ini, peneliti Indonesia akan mendapat dukungan untuk lebih memahami kondisi kulit dan rambut masyarakat Indonesia.

Pada acara Hair and Skin Research Grant 2021 yang digelar secara daring pada Rabu (1/12/2021) kemarin, Dr. Michèle Verschoore selaku Medical Director L’Oréal Research, Innovation and Technologies menyampaikan tujuan dari program tersebut.

Selain mendukung riset terhadap kondisi kulit dan rambut warga Indonesia, hasil penelitian juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta menjadi guideline untuk edukasi soal rambut dan skincare.

ketua umum PERDOSKI Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV dalam acara L'Oreal Hair and Skin Research Grant 2021 (dok L'Oreal Indonesia)
ketua umum PERDOSKI Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV dalam acara L'Oreal Hair and Skin Research Grant 2021 (dok L'Oreal Indonesia)

Sementara, ketua umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) yaitu Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV membahas pentingnya kesehatan kulit.

"Seperti kita ketahui, kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita yang penting untuk dijaga dan dirawat," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV juga menyebutkan bahwa Indonesia memiliki beragam masalah penyakit kulit.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati dari BRIN, Iman Hidayat Ph.D yang menyebutkan peran kosmetik dalam kehidupan manusia.

Menurut Iman Hidayat Ph.D, kosmetik merupakan sesuatu yang tidak bisa lepas dari peradaban manusia sehingga penting untuk terus dilakukan penelitian.

Selain itu, ada pula tantangan bagi periset dan produsen kosmetik karena adanya perubahan-perubahan seperti perubahan iklim, gaya hidup, hingga pandemi Covid-19.

Ditambah, kini pengguna kosmetik tak lagi hanya kalangan perempuan. Pria pun mulai sadar pentingnya menggunakan kosmetik dan merawat kesehatan kulit.

Untuk tahun 2021 ini, L'Oreal bekerja sama dengan UI dan PERDOSKI telah memilih tiga tim pemenang.

Ketiga tim pemenang Hair and Skin Research Grant 2021 tersebut juga semuanya berfokus pada topik kesehatan kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI