Lagi Jalan-Jalan ke Jogja? Ini Rekomendasi Tempat Berburu Suvenir Batik

Tak hanya belanja suvenir, kamu juga bisa belajar membatik di sini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 28 Februari 2024 icon 07:00 WIB
Lagi Jalan-Jalan ke Jogja? Ini Rekomendasi Tempat Berburu Suvenir Batik

Inspirasi busana batik (Unsplash/wafieq akmal)

Piknik ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa membeli batik untuk oleh-oleh. Pengalaman yang kamu dapatkan juga bakal lebih seru jika bisa ikut belajar membuat batik dan menjadikannya sebagai buah tangan.

Ini adalah pengalaman spesial yang akan kamu dapatkan dengan mengunjungi Batik Benang Ratu. Lokasinya di Jalan Gedongkuning Selatan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Pemilik Batik Benang Ratu Yogyakarta, Maria Eunike Santoso, mengaku mulai beralih fokus dari ritel ke sektor pariwisata batik. Dia pun senang karena mendapatkan antusiasme tinggi dari wisatawan.

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Motif Batik, Produk Lokal Kualitas Jempolan

"Kita berani karena peminatnya tinggi sekali. Di minggu pertama buka saja, kita sudah ada beberapa kerja sama dengan tour and travel untuk belajar membatik di sini," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Toko batik ini memperkenalkan pengalaman baru seperti lokakarya pembuatan batik, kerajinan gerabah, dan lainnya. Cukup membayar Rp30 ribu, kamu sudah bisa belajar membatik dan hasilnya boleh dibawa pulang.

Mau coba pengalaman seru lainnya? Kamu juga bisa belajar membuat Tie Dye Jumputan, yakni melukis dengan media kain perca hingga gerabah.

Baca Juga: Apakah Kain Batik Boleh Dipotong?

"Di Jogja ini, kami fokus ke pariwisata," kata Maria Eunike Santoso.

Pengunjung pisa bisa membeli kain batik dan berbagai produk batik lainnya, seperti kemeja, atasan perempuan dan pria, dress, dan rok. Sekitar 80 persen produk batik di Batik Benang Ratu adalah produk UMKM.

Yogyakarta sendiri telah ditetapkan sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craft Council (WCC) menjadi target wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pesona eksotis batik menjadi daya tarik unik bagi wisatawan.

Baca Juga: Punya Batik Berbahan Kain Polyester? Coba Cek Keasliannya!

Batik kerap jadi suvenir yang rasanya harus dibeli para wisatawan sebelum kembali ke daerah asal masing-masing. Inilah mengapa wisata edukasi batik semakin menjadi incaran wisatawan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI