Perempuan Harus Tahu, 3 Tips Jaga Keamanan Digital dan Finansial

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan digital dan finansial?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Maret 2024 icon 14:00 WIB
Perempuan Harus Tahu, 3 Tips Jaga Keamanan Digital dan Finansial

Ilustrasi perempuan yang hobi belanja online (Freepik/benzoix)

Perilaku tidak menyenangkan di dunia digital, mulai dari pelecehan online hingga penipuan keuangan, bisa dialami siapa saja. Selain itu, berdasarkan data Status Literasi Digital Indonesia, literasi digital perempuan diketahui belum setara dengan laki-laki sehingga rawan menjadi korban.

Keamanan digital dan finansial bagi kaum hawa mesti terus didorong demi menciptakan lingkungan di mana semua perempuan dihargai dan dihormati. 

Head of Corporate Secretary Nawakara, Chiquita Hindarto mengungkapkan pentingnya melakukan penilaian risiko dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek keamanan digital dan keuangan.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan, Bisa Diterapkan Generasi Sandwich

"Dengan maraknya kejahatan digital, nyatanya perempuanlah yang memiliki peran besar terhadap pembangunan keamanan digital di Indonesia. Karena itu, keamanan digital kerap menjadi benteng penggunaan teknologi bagi para perempuan," kata Chiquita saat memberikan paparannya dalam acara Super WOWmen yang diselenggarakan Bank Neo Commerce beberapa waktu lalu, dilansir dari Suara.com.

Ilustrasi perempuan berkepribadian ceria (Pexels/juan mendez)
Ilustrasi perempuan berkepribadian ceria (Pexels/juan mendez)

Literasi keamanan digital sangat penting dimiliki perempuan demi meminimalisir berbagai risiko yang ada hingga mencapai kemandirian finansial dan membangun masa depan yang aman dan sejahtera untuk diri sendiri maupun keluarga.

Setidaknya, ada tiga hal utama yang menjadi fokus bagi para perempuan untuk tetap aman dalam keamanan digital, antara lain:

Baca Juga: 4 Tips Investasi Emas, Lebih Baik Mulai dari Sekarang

1. Lebih Teliti Memakai Aplikasi Keuangan Digital

Cari tahu terlebih dahulu bagaimana reputasi aplikasi keuangan digital, keamanan, jumlah pengguna, dan bagaimana testimoni mereka.

Langkah selanjutnya adalah memastikan keamanan digital kita terjaga. Misalnya, jangan menyimpan sandi menggunakan angka sederhana seperti tanggal lahir, angka berurutan, dan lain sebagainya.

2. Tidak Pakai Wi Fi di Tempat Umum

Kamu tidak disarankan menggunakan wifi di tempat umum untuk mengakses aplikasi yang memiliki data privat yang bersifat substansial, seperti aplikasi keuangan digital atau mobile banking.

Hal tersebut bertujuan menghindari penyadapan yang gampang diakses area publik dengan cara mengambil data dari ponsel yang terhubung ke wifi tersebut.

3. Perhatikan Betul Permintaan Akses Data Diri dari Pinjaman Online (Pinjol)

Fenomena pinjol sering dipengaruhi rendahnya tingkat inklusi keuangan perempuan. Untuk mengantisipasi adanya pencurian data pribadi di aplikasi pinjol, sangat penting memerhatikan permintaan akses aplikasi pinjol pada ponsel pengguna.

Jika di luar kewajaran yang telah ditentukan OJK, persetujuan akses tersebut sebaiknya ditolak. Bagaimanapun juga, pengamanan data yang baik sangat penting bagi semua orang.

Chiquita juga mengatakan bahwa para perempuan harus terus aktif terlibat dalam manajemen dan perlindungan aset digital.

Risiko tentu bisa berasal dari berbagai arah. Itulah mengapa security assessment sangat penting dilakukan agar kita bisa melakukan mitigasi yang sesuai.

Baca Juga: Tips Wujudkan Pernikahan Impian, Jangan Melebihi Kemampuan Bujet

"Di Nawakara kami terus memastikan penilaian keamanan yang mendalam di awal setiap proyek untuk meminimalkan risiko potensial. Pendekatan ini tidak hanya berlaku untuk upaya korporat, tetapi juga diperluas ke penilaian keuangan personal dan evaluasi keamanan digital. Hal ini memungkinkan kita untuk mengatasi ancaman keuangan yang tidak terduga," tandas Chiquita.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI