5 Tips Semangat Bekerja saat Puasa, Ramadan Tetap Produktif

Tetap produktif di bulan Ramadan, simak beberapa tips di bawah ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 15 Maret 2024 icon 16:30 WIB
5 Tips Semangat Bekerja saat Puasa, Ramadan Tetap Produktif

Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

Salah satu tantangan di bulan Ramadan adalah tetap bekerja saat puasa. Banyak orang merasa susah fokus dan optimal kinerjanya karena meski bekerja dalam kondisi lapar dan lemas.

Penurunan semangat, merasa mudah lelah dan kurang fokus, munculnya rasa kantuk, terganggunya stabilitas emosi, hingga dehidrasi dan lemas, memang bisa dialami oleh seseorang saat berpuasa sebagai reaksi tubuh.

Di sisi lain, ada tanggung jawab pada pekerjaan yang mengharuskan semua tugas dan target tetap bisa tercapai. Lalu, bagaimana caranya agar tetap semangat kerja?

Baca Juga: 5 Tips Traveling di Bulan Puasa, Serunya Liburan saat Ramadan

"Agar bisa menjalankan puasa dengan nyaman dan lancar sehingga tidak mengganggu saat bekerja, kita perlu mengetahui beberapa tips penting dan menerapkan beberapa hal ketika sahur dan berbuka puasa," kata dr. Adam Prabata, PhD yang merupakan dokter sekaligus edukator kesehatan, dilansir dari Suara.com.

Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai tantangan bekerja ketika puasa.

Ilustrasi perempuan berhijab (Freepik)
Ilustrasi perempuan berhijab (Freepik)

1. Pilih dan atur makanan minuman yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa

Baca Juga: Pakai Lipstik Bikin Puasa Batal? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

  • Pilih makanan bergizi seimbang mencakup karbohidrat kompleks yang mengandung indeks glikemik rendah, protein rendah lemak, sayur yang kaya serat, dan buah yang mengandung banyak air, vitamin dan mineral.
  • Hindari minuman yang berkafein seperti kopi, teh, minuman dingin dan minuman bersoda. Minuman ini meningkatakn frekuensi buang air kecil hingga meningkatkan risiko dehidrasi
  • Kurangi makanan dan minuman dengan kadar gula dan garam yang tinggi karena meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, dan obesitas.
  • Kurangi makanan dan minuman yang merangsang lambung, misal makanan pedas, asam, kopi dan makanan berlemak seperti gorengan.
  • Jangan makan terlalu cepat dan dalam jumlah banyak. Makan pelan-pelan dan dalam jumlah yang cukup supaya perut tak terasa kembung, begah dan memicu gerd/maag.

2. Atur waktu minum air putih untuk memastikan kecukupan asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi

Konsumsi setidaknya 8 gelas air putih per hari dengan menerapkan pola 2-4-4, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka puasa *satu gelas saat Maghrib dan satu gelas menjelang azan Isya), 4 gelas air putih pada malam hari (dua gelas saat saat makan malam dan dua gelas sebelum tidur), 2 gelas air putih pada saat sahur (satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur dan satu gelas setelah makan sahur).

3. Atur waktu minum obat atau suplemen/vitamin

Jika kamu harus mengonsumsi obat atau terbiasa rutin minum vitamin/suplemen setiap harinya, bisa tetap berpuasa Ramadan dengan mengatur waktunya sebagai berikut:

  • Obat 1 kali seehari diminum saat sahur
  • Obat 2 kali sehari diminum saat setelah sahur dan setelah buka puasa
  • Obat 3 kali sehari diminum saat setelah sahur, setelah buka puasa dan sebelum tidur malam
  • Suplemen/vitamin D diminum setelah buka puasa
  • Suplemen daya tahan tubuh diminum sebelum sahur
  • Suplemen/vitamin B kompleks, vitamin C, dan Zinc diminum setelah sahur

4. Tetap lakukan olahraga rutin

Pilih jenis olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi maupun durasi waktu tidak terlalu lama, misalnya yoga, jalan santai/treadmil, pilates, sepeda statis/jarak dekat, jogging, taichi, dan sit up/push up. Waktu yang disarankan adalah sebelum sahur, sebelum buka puasa, setelah berbuka puasa atau sebelum tidur.

5. Atur pola tidur

Banyak orang kurang tidur di bulan puasa. Selain bikin mengantuk dan lemas, ini juga tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 3 Dosa yang Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Dianggap Remeh!

Oleh karenanya, usahakan untuk bisa mengatur waktu tidur yang tetap, teratur dan lebih awal agar tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup selama 7-8 jam.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI