Tips Menyimpan Pakaian agar Tidak Mudah Kusut

Tips klasik yang sebetulnya sangat berguna.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 27 September 2018 icon 11:18 WIB
Tips Menyimpan Pakaian agar Tidak Mudah Kusut

Memilih pakaian/pexels.com

Kamu punya masalah dengan pakaian kusut? Sepertinya semua orang pernah mengalami kondisi ini, sedang terburu-buru untuk pergi atau menghadiri suatu acara tapi pakaian yang diambil dari lemari terlihat kusut. Padahal, sudah tidak ada waktu lagi untuk menyetrikanya.

Pakaian kusut bisa membuat rasa percaya diri menurun dan merusak penampilan. Tapi tenang, DewiKu punya tips biar pakaian tidak mudah kusut saat disimpan.

1. Selalu setrika pakaian sebelum menyimpannya di lemari

Baca Juga: Tips Mencari Kerja Ini Sudah Basi

Karena menyetrika adalah pekerjaan yang memakan waktu cukup lama dan bisa menghambat persiapan ke kantor di pagi hari, usahakan untuk langsung menyetrika pakaian usai dijemur. Cara ini bakal mengantisipasi adanya kepanikan di situasi genting.

Setrika. (Pexels)
Setrika. (Pexels)

2. Atur temperatur panas

Setiap jenis bahan pakaian memerlukan temperatur panas yang berbeda saat disetrika. Semakin tipis bahan, maka semakin rendah pula panasnya.

Baca Juga: Tips Mencuci Sepatu Putih untuk Bahan Canvas, Suede dan Kulit

Biar tidak repot mengganti-ganti pengaturan panas, sebaiknya pisahkan pakaian yang akan disetrika berdasarkan tingkatan panasnya.

Mulailah menyetrika dari bagian kain yang paling kecil, misalnya kerah, lengan baju, dan lipatan tangan. Setelah itu baru setrika bagian baju yang lebih lebar.

3. Semprot pelembut pakaian

Kandungan dalam pelembut pakaian berfungsi untuk membuat pakaian tidak mudah kusut. Semprotkan pada pakaian sesaat sebelum menyetrika, lalu gerakkan setrika seperti biasa sampai kusutnya hilang.

Sekarang banyak kok ,cairan pelembut pakaian berkualitas bagus yang mampu menjaga pakaian licin lebih lama. Pakaian kusut bukan masalah besar lagi, deh.

Baju/pexels
Baju/pexels

4. Gantung baju

Melipat baju akan membuat permukaannya mudah kusut karena bergesekan dengan baju-baju lain. Maka dari itu, menggantung baju adalah pilihan tepat. Kamu bisa aplikasikan ini untuk baju-baju yang rentan kusut.

5. Lipat pakaian yang berbahan tebal

Mungkin kamu tidak punya cukup ruang untuk menggantung semua pakaian. Triknya, utamakan menggantung pakaian yang bahannya lebih tipis dan mudah kusut, misalnya katun, nylon, sutera atau chifon.

Sementara untuk pakaian berbahan tebal seperti sweater, jaket atau cardigan, lebih aman bila dilipat. Sebab, bahan yang ringan dan tipis lebih mudah kusut dibandingkan bahan berat dan tebal.

Baca Juga: 6 Tips Aman Solo Travelling untuk Cewek

Itulah 5 tips menjaga pakaian agar tidak mudah kusut. Semoga membantu! Jangan pusing karena pakaian kusut lagi, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI