Versace Dituduh Merampas Budaya Thailand, Kenapa?

Permasalahannya ada di celana boxer.

By: Rauhanda Riyantama icon Sabtu, 19 Januari 2019 icon 18:30 WIB
Versace Dituduh Merampas Budaya Thailand, Kenapa?

Celana boxer Versace. (Instagram/@versace)

Rumah mode Italia Versace di awal tahun ini baru saja dituduh melakukan perampasan budaya karena tidak memberi kredit pada sumber inspirasi "celana boxer" barunya.

Dilansir dari Next Shark, celana boxer tersebut merupakan bagian dari koleksi men's Fall-Winter 2019-20 yang memulai debutnya di Milan Fashion Week pada 12 Januari lalu.

Model Belanda Imaan Hammam terlihat mengenakan celana pendek di runway dengan atasan sutra dan jas formal.

Baca Juga: Gaya Busana Leonnie Hanne, Selebgram dengan Bayaran Fantastis

"Imaan Hammam gugur di runway #VersaceFW19 dalam tampilan serba sutra yang menampilkan celana pendek boxer bersulam dan dipasangkan dengan setelan formal," tulis merek itu dalam sebuah posting Instagram.

Celana boxer Versace. (Instagram/@versace)
Celana boxer Versace. (Instagram/@versace)

 

Versace juga memamerkan celana pendek dengan ansambel lain yang menghiasi runway. "Setiap detail dari acara landasan pacu pria # VersaceFW19 berbicara tentang kepercayaan diri," tulis mereka pada caption.

Baca Juga: Stop Pakai Bulu Hewan, Coach Ikuti Jejak Pendahulunya

Di kedua pos tersebut, netizen memanggil Versace karena mengabaikan asal usul celana boxernya, Muay Thai dan menuduh perusahaan itu melakukan perampasan budaya.

Muay Thai yang juga dikenal sebagai "seni delapan anggota badan" adalah olahraga nasional Thailand yang dicirikan oleh teknik pemogokan dan penjagaan berdiri, memanfaatkan tinju, siku, lutut dan tulang kering.

Celana boxer Versace. (Twitter/@versace)
Celana boxer Versace. (Twitter/@versace)

 

Meski khas Thailand, olahraga ini menarik unsur-unsur dari tinju barat, termasuk pilihan celana pendek untuk pakaian. Namun, celana pendek ini harus mematuhi norma-norma tertentu, terutama dalam penggunaan elemen desain.

Netizen pun ramai-ramai mengecam Versace di kolom komentar.

"Setidaknya beri kredit pada budaya yang kamu ambil inspirasinya," ujar salah satu netizen.

"Muay Thai bukan hanya olahraga, ini seni bela diri dan berakar dalam di budaya Thailand. Ini adalah perampasan budaya," ujar netizen lainnya.

"Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan budaya Thailand, perlu disebutkan bahwa elemen desain tertentu tidak sesuai untuk celana pendek Muay Thai. Mereka bahkan mungkin menyinggung orang Thailand," kata warga Muay Thai Citizen, memperingatkan terhadap penggunaan Garuda, lambang nasional Thailand di pakaian.

Baca Juga: Ssst, Yuk Intip Trend Tas Tangan untuk Tahun 2019!

Bagaimana pendapatmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI