Lifestyle

Alasan Kenapa Orang Bahagia Malah Tambah Gemuk

Gemuk berarti tanda bahagia, setuju?

Dinar Surya Oktarini | Yasinta Rahmawati

Fat and happy. (Unsplash)
Fat and happy. (Unsplash)

Dewiku.com - Naiknya berat badan kerap dihubungkan dengan perasaan yang bahagia, bahkan jadi semacam tolak ukur kebahagiaan suatu hubungan. Tapi benarkah bahagia malah membuat orang tambah gemuk?

Dilansir dari Lifehack, hal itu benar adanya. Sebuah studi baru dari Research on the National Center for Biotechnology telah menemukan bahwa bahagia dalam cinta bisa membuat orang bertambah gemuk.

Fakta itu didapat setelah peneliti mengikuti 169 pasangan selama empat tahun. Pasangan itu ditimbang dua kali setahun, dan memberikan rincian tentang kepuasan hidup pernikahan mereka secara keseluruhan.

Studi ini menunjukkan bahwa pasangan yang melaporkan pernikahan mereka bahagia bertambah berat badannya, sementara mereka yang dalam pernikahan yang tidak bahagia tetap langsing dan akhirnya putus.

Para peneliti menjelaskan hal itu dikarenakan orang-orang dalam hubungan yang stabil dan bahagia telah menemukan pasangan mereka dan tidak merasa perlu membuat mereka terkesan lagi.

Fat and happy. (Unsplash)
Fat and happy. (Unsplash)

 

Mereka sudah yakin bahwa pasangan mereka akan bertahan untuk jangka panjang tanpa mempersoalkan fisik. Di sisi lain, pasangan yang tidak bahagia lebih cenderung menjaga penampilan tetap menarik karena mereka memiliki potensi untuk mencari pasangan baru.

Hasil yang sama juga terlihat dari penelitian lain. Dilansir dari Healthline, sebuah studi telah melacak bobot lebih dari 8000 orang dan menemukan fakta bahwa wanita yang sudah menikah naik hingga 10 kg dalam lima tahun pertama perkawinan.

Wanita yang hidup bersama, tetapi tidak menikah, hanya naik sekitar 8 kg, sementara wanita yang berada dalam hubungan tetapi hidup secara terpisah mendapatkan 6,8 kg.

Pihak pria juga bertambah berat badannya, tetapi tidak banyak perbedaan antara pria yang menikah dan pria yang tinggal dengan pasangan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hidup bersama meningkatkan risiko pria dan wanita untuk obesitas.

Alasannya sama, mengapa pasangan yang bahagia bertambah berat badan adalah karena mereka kurang termotivasi untuk mempertahankan berat badan ketika mereka tidak perlu menarik perhatian pasangan.

Jadi, jika pasanganmu bertambah gemuk, jangan buru-buru disuruh diet. Sebab, kemungkinan besar mereka sedang bahagia dan berpikir telah menemukan cintanya, yaitu kamu. Cieee.

Berita Terkait

Berita Terkini