Tambah Gemuk? Mungkin Kamu Terlalu Serius Kerja

Sibuk bekerja jangan sampai membuatmu lupa diri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Maret 2019 icon 15:53 WIB
Tambah Gemuk? Mungkin Kamu Terlalu Serius Kerja

Stres bekerja. (Unsplash/JESHOOTS.COM)

Sebagian besar dari kita dihadapkan dengan stres dan tekanan di tempat kerja setiap hari. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental, tapi juga fisik. Baru-baru ini dokter mengatakan bahwa penyebab kenaikan berat badan ini bisa jadi karena kita terlalu serius bekerja.

Melansir dari World of Buzz, ketika tubuh menumpuk terlalu banyak stres dan tekanan, seseorang mungkin mengalami insomnia atau bahkan jatuh sakit. Jika tidak, ia juga cenderung melepaskan stres dengan mengemil di meja atau makan terlalu banyak.

Michael Mosley pernah menulis sebuah artikel untuk BBC sebelumnya dan menjelaskan beberapa alasan tentang hubungan keduanya. Ia menuliskan, ''Stres kronis mengganggu tidur dan kadar gula darah kita. Hal ini menyebabkan meningkatnya rasa lapar dan kenyamanan makan.''

Baca Juga: Tak Bisa Lepas dari Jari Manis, Cincin Kawin Tasya Kamila Dipotong

Makan burger. (Unsplash/Luísa Schetinger)
Makan burger. (Unsplash/Luísa Schetinger)

Dia menambahkan bahwa jika situasi ini berlangsung lama, dapat memburuk ke tingkat lemak tubuh yang tidak sehat dan bahkan diabetes tipe-2 jika seseorang tidak berhati-hati.

Berdasarkan beberapa tes yang sudah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa tubuh masuk ke mode 'melawan atau lari' ketika stres.

Saat tubuh sedang mempersiapkan diri, glukosa dilepaskan ke dalam darah sehingga memiliki energi di otot. Tetapi karena tidak benar-benar 'diserang', maka pankreas memompa insulin untuk membawa kadar gula darah kembali turun lagi.

Baca Juga: Awas, Bekerja saat Weekend Berisiko Lebih Tinggi Terserang Depresi

Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)
Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)

Kadar insulin dan gula darah yang berfluktuasi ini memunculkan rasa lapar serupa dengan efek jika kurang tidur. Hal ini membuat keinginan makan semakin menggebu. Hasilnya? Tubuh tambah gemuk!

Oleh karena itu, para dokter mengatakan bahwa penting bagi kita untuk menemukan cara sehat untuk melepaskan stres dan tidak terlalu menekan diri kita sendiri dalam pekerjaan kita.

Baca Juga: Suami Selalu Masak Enak, Wanita Ini Jadi Punya Berat Badan 100 Kg

Jaga kesehatan dan jangan terlalu stres saat bekerja, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI