4 Gaya Belajar Online yang Cocok Selama Pandemi

Ada banyak tipe belajar online yang biasa digunakan pada masa sekarang ini.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Kamis, 17 Maret 2022 icon 19:15 WIB
4 Gaya Belajar Online yang Cocok Selama Pandemi

Ilustrasi belajar online.(Unsplash/@mayamaceka)

Belajar adalah keterampilan atau pengetahuan yang diperoleh melalui studi, pengalaman atau diajarkan. Ada banyak tipe belajar yang biasa digunakan pada masa sekarang ini. Khususnya, pembelajaran secara online kerap digandrungi oleh sekolah-sekolah, karena keterpaksaan akibat pandemi COVID-19.

Apabila didefinisikan, pembelajaran online adalah konsep ulang proses pendidikan yang memaksimalkan perangkat lunak kelas virtual yang tersedia untuk melibatkan siswa secara geografis sepenuhnya.

Kini, sudah banyak berbagai perusahaan atau instansi yang menawarkan materi pembelajaran yang bisa dipelajari secara online. Salah satunya, Anda bisa mengikuti pembelajaran online yang diselenggarakan oleh Ruang Guru, dan berbagai paket pembelajarannya bisa Anda temukan di Blibli.

Selain belajar secara online menggunakan materi dari perusahaan pendidikan, kini terdapat banyak juga media platform yang menawarkan ilmu secara percuma, yang bisa diakses secara gratis.

Dengan pembelajaran online, keterlibatan siswa juga penting untuk membuat mereka terus bergerak menuju tujuan mereka.

Berikut ini, terdapat beberapa gaya belajar online yang kerap digunakan untuk mengasah ilmu pengetahuan.

1. Belajar Online Melalui YouTube

Saat pandemi, hampir semua kegiatan dilaksanakan secara online, termasuk kegiatan pembelajaran. Gaya belajar pertama yang bisa dilakukan untuk pembelajaran online adalah belajar melalui YouTube.

Di YouTube, ada banyak sekali konten-konten pembelajaran yang bisa dilihat. Hampir semua mata pelajaran di sekolah di bahas di YouTube. Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih YouTube sebagai media pembelajaran adalah memilih konten yang tepat dan akurat sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini karena tidak sedikit konten yang dibuat oleh orang-orang yang bukan master di bidang pembelajaran tersebut.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mulai belajar, Anda bisa melihat-lihat profil youtuber tersebut, melihat secara singkat beberapa konten yang ia buat, dan lain sebagainya.

2. Belajar Online melalui Perusahaan Pendidikan

Metode belajar online yang kedua adalah belajar online melalui perusahaan pendidikan, seperti Ruang Guru. Siapa yang tidak tahu dengan Ruang Guru? Salah satu platform pembelajaran terbesar yang ada di Indonesia. Anda pun pasti mengetahuinya. Ruang Guru adalah pilihan yang tepat untuk mulai belajar online.

Ketika Anda membuka aplikasi atau website Ruang Guru, pasti Anda akan disambut dengan berbagai paket pembelajaran yang ditawarkan oleh mereka. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai alternatifnya, Anda bisa membelinya di Blibli.

Di Blibli, Anda akan menemukan berbagai penawaran paket pembelajaran dengan harga terjangkau. Contohnya seperti, paket ruanglesonline, paket tryout premium ruanguji, dan berbagai paket lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan diskon e-voucher pembelajaran. Contohnya seperti e-voucher ruang belajar 1 tahun gratis 6 bulan, e-voucher ruangbelajar 1 bulan, dan masih banyak e-voucher lainnya.

Sebelum Anda memilih paket/e-voucher Ruang Guru tersebut, pastikan Anda sudah membaca lengkap deskripsinya agar Anda tidak salah membeli paket. Selain itu, ada banyak juga fitur-fitur yang disediakan oleh Ruang Guru, Anda bisa langsung mengeksplornya di website resmi Ruang Guru.

3. Belajar Online Melalui E-book

Saat ini, lingkungan belajar online adalah alternatif populer bagi mereka yang tidak memiliki waktu atau keinginan untuk duduk di kelas tradisional selama berjam-jam.

Kini, meningkatnya ketersediaan e-book (singkatan dari buku elektronik) membuat belajar online semakin nyaman dan terjangkau. Berikut adalah beberapa alasan mengapa e-book menjadi standar pendidikan bagi siswa.

4. E-Book dapat Dikirimkan Secara Instan

Anda dapat mengunduh e-book tepat saat Anda membutuhkannya. Tidak perlu khawatir ketinggalan karena buku teks sudah habis atau belum sampai.

Selain itu, Anda dapat menyimpan e-book Anda di komputer di satu tempat yang nyaman, sehingga kehilangan atau lupa buku Anda di suatu tempat tidak lagi menjadi masalah.

Berikut ini beberapa keunggulan dari penggunaan e-book untuk media pembelajaran online:

Pertama, Anda tidak perlu khawatir tentang membawa-bawa tas buku penuh atau memiliki teks-teks besar yang mengacaukan meja Anda. Anda dapat mengatur materi kelas Anda secara digital, dan mengaksesnya dengan sejumlah perangkat. Dari PC ke tablet ke ponsel Anda, Anda dapat mengakses buku Anda saat bepergian dan sesuai jadwal Anda sendiri.

Kedua, untuk siswa yang senang menonton video, melihat infografis atau diagram, atau mengikuti narator, e-book memungkinkan pengalaman yang lebih memperkaya daripada teks biasa. Dengan cara ini, mereka memperluas kesempatan belajar kepada siswa yang mungkin tidak melakukannya dengan baik menggunakan bahan-bahan tradisional.

Ketiga, Sebagian besar mahasiswa pendidikan tinggi menyulap keseimbangan kerja/kehidupan di samping tanggung jawab akademis mereka. Daya tarik pembelajaran online bagi sebagian orang adalah kenyataan bahwa mereka memiliki fleksibilitas untuk belajar pada waktu mereka sendiri.

Keempat, bagi banyak pelajar online, mendapatkan gelar tidak akan mungkin jika mereka tidak memiliki pilihan pendidikan online. Sebagian besar pelajar online menghargai kenyataan bahwa mereka dapat masuk setelah mereka menidurkan anak-anak, atau pada akhir pekan, atau dalam perjalanan pulang. Bagi banyak orang, fleksibilitas adalah kuncinya. Oleh karena itu belajar online melalui internet/google adalah salah satu gaya belajar yang cocok di era sekarang terutama di masa pandemi.

Nah, itu dia 4 gaya belajar online yang cocok selama masa pandemi. Kira-kira gaya belajar yang mana yang cocok bagi Anda? Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI