Ketahui Efek Makan Kentang Setiap Hari, Bisa Bahaya jika Cara Masaknya Salah

Anda sangat menyukai kentang hingga bisa memakannya setiap hari? Ini efek yang mungkin terjadi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 21 Agustus 2023 icon 12:25 WIB
Ketahui Efek Makan Kentang Setiap Hari, Bisa Bahaya jika Cara Masaknya Salah

Ilustrasi sajian kentang goreng (Pixabay/Pexels)

Salah satu bahan makanan favorit banyak orang adalah kentang. Sumber karbohidrat satu ini dapat diolah menjadi beragam hidangan lezat dengan berbagai metode memasak.

Pertanyaannya, apakah kentang benar-benar makanan sehat? Jawaban atas pertanyaan ini ternyata telah diperdebatkan sejak lama.

Melansir Times of India, kentang memang termasuk sayuran kaya nutrisi. Di sisi lain, kentang juga tinggi karbohidrat dan glikemik sehingga berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: Resep Beef Bulgogi yang Praktis, Enak dan Sehat: Keluarga Pasti Lahap Makannya

Walau begitu, kentang terbukti mengandung nutrisi bermanfaat, di antaranya serat, potasium, zat besi, vitamin C, dan vitamin B6. Sehat, kan? Hanya saja, cara memasak kentang sangat mungkin membuatnya menjadi tidak sehat.

Manfaat kentang untuk perawatan kulit. (Pixabay/Holger Langmaier)
Manfaat kentang untuk perawatan kulit. (Pixabay/Holger Langmaier)

Kalau ingin makan kentang versi sehat, perhatikan cara memasaknya. Kentang goreng nutrisinya tak akan lebih baik dari kentang panggang atau kentang rebus biasa.

Kandungan karbohidrat pada kentang sebenarnya bukan sesuatu yang berbahaya. Karbohidrat sendiri merupakan sumber energi utama bagi otak dan tubuh, terutama saat berolahraga dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Gadis Ini Diajak Ayahnya Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan, Jawabannya Mengejutkan

Oleh karenanya, mengonsumsi makanan kaya karbohidrat sangat penting bagi Anda. Karbohidrat juga dicerna dan diserap lebih cepat ketimbang protein dan lemak.

Selain memperhatikan cara memasak, penting juga untuk memastikan bahan lain yang akan disajikan bersama kentang. Sebaiknya hindari bahan makanan berkalori tinggi, misalnya keju atau mayones.

Apa yang terjadi pada tubuh jika Anda makan kentang setiap hari? Berita baiknya, kebiasaan itu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut ahli kesehatan, makan kentang setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu selama Anda tak menggorengnya atau menambahkan kentang dengan makanan tinggi lemak jenuh.

Serat dan potasium pada kentang baik untuk kesehatan jantung. Kalium mengatur fungsi otot, sedangkan jantung Anda adalah otot penting yang membutuhkan kalium.

Kentang juga sering jadi makanan andalan pengganti nasi saat diet. Hanya saja, apakah hal itu memang efektif untuk menurunkan berat badan?

Baca Juga: Diet 80/20, Pola Makan Orang Jepang yang Bisa Buat Kurus dan Panjang Umur

Saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan, Anda boleh saja makan kentang setiap hari. Syaratnya, jangan makan berlebihan, mengikuti kontrol porsi, menjaga defisit kalori dan tidak memasak kentang dengan cara yang membuatnya jadi tinggi kalori.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI