Tips Liburan Hemat, Berburu Promo hingga Pilih Fitur Refund 100 Persen

Mau liburan hemat dengan perencanaan yang matang? Simak tips di bawah ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 25 Oktober 2023 icon 11:50 WIB
Tips Liburan Hemat, Berburu Promo hingga Pilih Fitur Refund 100 Persen

Ilustrasi liburan di pulau dengan pemandangan indah. (Pixabay/Julius_Silver)

Banyak orang senang berburu promo tiket liburan akhir tahun. Selain mencari harga terbaik, kini ada fasilitas tiket 100 persen refund yang dapat dimanfaatkan.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengungkapkan, banyak pengguna agen perjalanan online (OTA) yang berencana liburan akhir tahun sudah memesan tiket pesawat jauh-jauh hari. Namun, ada risiko perubahan jadwal yang mendadak.

"Jadi kalau tanggalnya ragu, belum yakin dan lain-lain, nggak apa-apa booking dulu aja, karena ada 100 persen refund sama bisa reschedule (perubahan tanggal), jadi booking dulu aja terus ambil fitur yang 100 persen refund," ucap Gaery dalam peluncuran Program Diskon Online Tiket Week (OTW) Tiket.com di Slipi, Jakarta Barat, Selasa (24/10/2023), dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: 5 Destinasi Favorit Raisa saat Healing di Singapura, Bisa Jadi Ide Liburan Seru

Di bawah ini adalah sejumlah tips yang perlu diperhatikan saat berburu tiket liburan akhir tahun yang bisa 100 persen refund menurut Gaery:

Liburan di pantai. (Pixabay/Pexels)
Liburan di pantai. (Pixabay/Pexels)

Pilih Penerbangan Domestik

Mayoritas refund 100 persen diberikan oleh maskapai yang menerapkan penerbangan domestik. Walau demikian, ada pula beberapa penerbangan luar negeri yang memberikan fasilitas refund 100 persen.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Jagonya Berburu Diskon, Capricorn Gigih Banget

"Jadi caranya itu teliti, misalnya penerbangan dari Jakarta ke Bali, bisa dilihat tuh mana aja yang bisa refund 100 persen. Nah, itu yang dipilih," papar Gaery.

Perhatikan Batas Waktu Refund

Umumnya fitur 100 persen refund diterapkan pada maskapai dengan fleksibilitas tinggi, tapi tetap ada batas waktu terakhir refund yang perlu diperhatikan.

"Jadi H-berapa itu, paling lambat H-1 keberangkatan bisa di-refund 100 persen, tapi pastikan ada keterangan refund 100 persennya," kata dia. 

Tips Berburu Promo Tiket Liburan Akhir Tahun

Mengingat tiket.com meluncurkan daftar berbagai promo OTA, ada jam-jam terbaik berburu promo tiket pesawat, promo tiket hotel,  bahkan promo tiket destinasi wisata.

SVP of Brand Marketing tiket.com, Maria Risa Puspitasari memaparkan, beberapa jam terbaik untuk berburu diskon tiket pesawat, hotel, maupun destinasi wisata untuk berlibur.

Baca Juga: 10 Negara Ini Punya Hari Libur Terbanyak di Dunia, Ada yang Lebih dari Sebulan

Dia menjelaskan, "Kalau mau tiket paling gledek jam 5 sore sampai jam 9 malam. Selama di jam gledek promo dan diskon bakal muncul terus."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI