Harus Bijak, Ini 4 Cara Memberi Tahu Anak soal Perceraian Orang Tua

Bagaimana cara memberi tahu anak-anak tentang kedua orang tua yang memutuskan bercerai?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 03 Januari 2024 icon 14:00 WIB
Harus Bijak, Ini 4 Cara Memberi Tahu Anak soal Perceraian Orang Tua

Ilustrasi liburan bersama keluarga (Pixabay/Shannon Lawford)

Perceraian orang tua jelas berdampak pada anak. Lalu, bagaimana cara menjelaskan kepada mereka bahwa orang tua telah bercerai?

Salah satu bagian tersulit dari perceraian adalah memberi tahu anak bahwa orang tuanya sudah cerai. Walau begitu, orang tua tetap harus memberi tahu anak bahwa mereka tidak lagi hidup bersama.

Bagaimana cara yang tepat untuk memberi tahu anak tentang perceraian orang tuanya? Dilansir dari The Family Law Co, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Mau Liburan ke Luar Negeri Bareng Anak? Perhatikan 3 Hal Ini

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

1. Beritahu Anak secara Bersama-sama

Kedua orang tua sangat disarankan untuk bersama-sama memberi tahu anak soal perceraian. Jangan lakukan sendiri-sendiri karena itu berpotensi memunculkan konflik lebih lanjut.

Jika memungkinkan, coba diskusikan lebih dulu dengan mantan pasangan terkait hal-hal apa saja yang bakal disampaikan kepada anak. Diskusikan juga cara menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dari sang anak.

Baca Juga: 6 Alasan Kuat Pasangan Memilih Cerai, Tak Selalu karena Gangguan Orang Ketiga

2. Lakukan di Rumah

Rumah adalah tempat yang biasanya paling membuat anak-anak merasa aman. Jika anak merasa marah dan kesal setelah mendengar perceraian orang tua, dia bisa dengan aman menunjukkan emosinya di rumah.

Lebih mudah bagi orang tua untuk memberi ruang kepada anak ketika ingin memberikan berbagai reaksi emosional, entah sedih, marah, kesal ataupun menangis.

3. Sampaikan dengan Jujur

Tidak perlu memberikan ekspektasi bahwa ada kemungkinan orang tua akan kembali bersama. Kalau mau berjanji, janjikan saja bahwa kasih sayang kedua orang tua tidak akan berkurang setelah bercerai. Boleh membuat janji, tapi harus realistis.

4. Peraturan setelah Perceraian

Anak-anak mungkin belum bisa mengerti sepenuhnya mengenai konsep perceraian. Jadi, penting untuk menjelaskan soal apa yang terjadi setelah kedua orang tuanya bercerai.

Baca Juga: 5 Seleb Ini Dapat Momongan dari Program Bayi Tabung

Ungkapkan bahwa orangtuanya tak akan tinggal serumah lagi. Jelaskan juga soal kemungkinan bahwa si anak mungkin akan sulit untuk bertemu kedua orang tuanya bersama-sama.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI