Cara Mengecilkan Perut Buncit ala Dokter Zaidul Akbar, Bisa Tanpa Olahraga

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit setelah Lebaran?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 11 April 2024 icon 12:00 WIB
Cara Mengecilkan Perut Buncit ala Dokter Zaidul Akbar, Bisa Tanpa Olahraga

Ilustrasi kemeja kekecilan karena perut buncit. (Shutterstock)

Salah satu keluhan yang kerap muncul setelah Lebaran adalah masalah perut buncit. Hal ini adalah efek dari kalap makan saat melihat banyak sajian lezat di Hari Raya Idul Fitri.

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit? Dalam video unggahan akun TikTok resepjrrzaidulakbar, dr Zaidul Akbar memberikan tips untuk mengatasi masalah perur buncit tanpa olahraga.

Pendakwah yang juga ahli kesehatan ini menjelaskan bahwa salah satu penyebab perut buncit adalah penumpukan lemak di area tersebut. Kondisi itu bisa terjadi karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan glukosa tinggi dan berujung tidak digunakan oleh tubuh.

Baca Juga: Mau Senyum Sehat Seperti Citra Kirana? Jangan Pernah Skip ke Dokter Gigi

"Nasi itu glukosa, tepung juga glukosa, gula pasir juga ada glukosanya. Badan kita sekarang sudah dipenuhi dengan glukosa yang sayangnya menjadi lemak. Pasalnya, glukosa yang dimakan tetapi tidak digunakan oleh tubuh akan berubah jadi glikogen. Glikogen yang tidak terpakai inilah yang akan berubah menjadi lemak," ungkap dr Zaidul Akbar.

Dia juga mengatakan, "Glukosa kalau dimakan dan tidak tercerna dengan baik oleh tubuh akan berubah jadi glikogen. Nah, glikogen juga sama. Kalau tidak tercerna dengan baik, makan akan jadi lemak."

Salah satu cara terpenting untuk mengecilkan perut adalah mengubah pola makan, terutama mengurangi asupan tinggi karbohidrat, seperti olahan tepung.

Baca Juga: Bikin Lebih Semangat, Ini Manfaat Olahraga Bareng Teman

Dokter Zaidul Akbar juga menyarankan untuk mengatasi perut buncit dengan 7 Days Challenge JSR (Jurus Sehat Rasulullah). Apa itu?

Program 7 Days Challenge JSR adalah tantangan menjaga pola makan sehat selama tujuh hari dengan cara menghentikan konsumsi beberapa makanan seperti nasi putih, makanan berbahan dasar tepung, gula pasir, dan makanan yang pengolahannya digoreng.

Baca Juga: Cara Cegah Gula Darah Naik di Bulan Ramadan, Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

Banyak orang telah membuktikan keampuhan 7 Days Challenge JSR. Apakah kamu juga tertarik mencobanya?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI