Relationship

Habis Triliunan, 5 Kasus Perceraian Termahal ala Pesohor Dunia

Inilah deretam kasus perceraian termahal di dunia.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/CQF-avocat)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/CQF-avocat)

Dewiku.com - Rupanya bukan menikah saja yang butuh biaya mahal, bercerai pun butuh dana. Pernikahan termahal di dunia mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan perceraian termahal di dunia.

Ternyata, bisa jadi dibutuhkan biaya yang mungkin lebih besar ketimbang bujet menikah itu sendiri. Hal itu bisa ditimbang berdasarkan kasus cerai, biaya pengacara, penyelenggaraan pengadilan, hingga lamanya proses cerai.

Merangkum dari Wonderslist, Selasa (12/3/2019), berikut beberapa kasus perceraian termahal di dunia yang dilakukan oleh para pesohor dunia.

5. Bernie dan Slavica Ecclestone, Rp 17 triliun

Bernie Ecclestone, presiden dan CEO balap Formula 1, menikah dengan Slavica Ecclestone, mantan model, selama 23 tahun. Mereka mempunyai dua anak perempuan, Tamara Ecclestone dan Petra Ecclestone.

Pasangan itu mengajukan gugatan cerai pada tahun 2009 dengan menghabiskan biaya sekitar USD 1 miliar hingga USD 1,2 miliar atau setara dengan Rp 17 miliar.

4. Rupert Murdoch dan Anna Maria Torv, Rp 24 triliun

Setelah menikah selama 32 tahun dan dikaruniai tiga anak, Murdoch menceraikan istri keduanya yang berumur 31 tahun, Anna, dengan membayar sebesar USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 24 triliun di tahun 1999. Tak lama setelah itu, dia menikahi Wendi Deng.

Ilustrasi surat perceraian. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi surat perceraian. (Unsplash/Rawpixel)

3. Rupert Murdoch dan Wendi Deng, Rp 25 triliun

Kasus perceraian termahal di dunia berikutnya masih dipegang Rupert Murdoch. Aadalah Pada 25 Juni 1999, 17 hari setelah menceraikan istri keduanya, Murdoch menikahi Wendi Deng, perempuan kelahiran China. Tiga belas tahun kemudian, dia kembali harus mengulang proses yang sama, yakni perceraian.

Pada 13 Juni 2013, juru bicara News Corporation mengkonfirmasi bahwa Rupert Murdoch mengajukan gugatan cerai kepada Deng di New York City, AS. Menurutnya, perkawinan itu telah berantakan selama lebih dari enam bulan.

2. Alec dan Jocelyn Wildenstein, Rp 54 triliun

Perceraian Alec dari Jocelyn Wildenstein juga dianggap perceraian paling mahal yang pernah ada dalam sejarah. Dia adalah seorang miliarder pengusaha asal Perancis.

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

Dia menikahi Jocelyne Périsset pada 30 April 1978. Mereka memiliki seorang putri, Diane dan seorang putra, Alec. Jr. Proses perceraian mereka berlangsung antara tahun 1997 dan 1999 dan jadi sorotan media.

Menurut laporan berita pada saat itu, Jocelyn menerima USD 2,5 miliar dalam penyelesaian proses perceraian dan menerima USD 100 juta setiap tahun selama 13 tahun sesudah cerai. Jika ditotal, semua menghabiskan biaya USD 3,8 miliar atau sekitar Rp 54 triliun.

1. Vladimir Potanin dan Natalia Potanina, Rp 99 triliun

Perceraian Vladimir Potanin dari Natalia Potanina dianggap sebagai salah satu perceraian termahal di dunia, sekaligus yang pernah ada dalam sejarah versi Forbes. Potanin adalah pengusaha miliarder Rusia. Dia menghabsikan dana sebesar USD 7 miliar atau sekitar Rp 99 triliun untuk menyelesaikan kasus cerai. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini