Jangan Marah Melulu, Ini Cara Mengendalikan Emosi terhadap Pasangan

Marah tidak menyelesaikan masalah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 09 September 2019 icon 21:00 WIB
Jangan Marah Melulu, Ini Cara Mengendalikan Emosi terhadap Pasangan

Ilustrasi marah. (Unsplash/Christian Fregnan)

Anda mungkin termasuk orang yang gampang marah atau emosi dengan kelakuan pasangan. Namun, sudahkah Anda memahami cara mengendalikan emosi terhadap pasangan?

Melansir Hellosehat, mengendalikan emosi terhadap pasangan berarti Anda maupun dia dapat saling mengungkapkan perasaan masing-masing, baik itu kebahagiaan, kesedihan, maupun kekecewaan.

Menyampaikan perasaan positif mungkin jarang menjadi masalah dalam hubungan asmara. Namun, beda cerita kalau itu rasa marah dan kecewa. Nah, biar tidak salah tangkap dan bikin semua semakin runyam, berikut beberapa tips mengendalikan emosi terhadap pasangan.

Baca Juga: Hobi Mengecewakan, 4 Zodiak Ini Sulit Berkomitmen

1. Menerima dan memahami perasaan sendiri

Tentu sangat penting untuk memahami perasaan Anda sendiri terlebih dahulu. Benarkah pasangan telah membuat Anda kecewa? Apakah itu ternyata justru timbul karena harapan Anda terhadap pasangan yang terlalu tinggi?

Ilustrasi marah, emosi, stres, depresi. (Shutterstock)
Ilustrasi marah. (Shutterstock)

Ketimbang marah-marah, sebaiknya bicarakan baik-baik bersama. Cari waktu yang tepat, lebih baik saat Anda dan pasangan sedang dalam suasana hati yang baik.

Baca Juga: Jadi Susah Berpaling, Pacar dan Mantan Gigi Hadid Ini Bikin Kesengsem

Diskusikan secara terbuka. Sampaikan dengan lugas tanpa memojokkan pasangan. Tujuannya adalah mencari solusi atau jalan tengah dari perasaan-perasaan negatif yang Anda miliki terhadap pasangan.

2. Menggunakan bahasa yang baik

Walau lugas, tetap gunakan bahasa yang baik dan enak didengar. Ucapkan apa yang membuat Anda tidak nyaman tapi tidak perlu menghakiminya.

Anda sebaiknya mengomunikasikan apa yang Anda rasakan secara bijak. Tentu pasangan bakal lebih mudah memahami apa yang sebenarnya dapat membuat Anda senang atau kecewa jika Anda tidak menyampaikannya secara emosional dan penuh kemarahan.

Pasangan duduk di sofa. (Unsplash/Sarahgracesharp)
Pasangan duduk di sofa. (Unsplash/Sarahgracesharp)

3. Beri jeda waktu

Kalau lagi marah dan kesal, tenangkan dulu diri Anda sebelum mengungkapkan perasaan kepada pasangan. Hal ini sangat membantu dalam mengendalikan emosi. Hindari berbicara dalam kondisi hati sedang panas terbakar emosi.

Ketika sedang marah, Anda mungkin saja bakal mengungkapkan kata-kata kasar atau kalimat jahat tanpa terkendali. Jadi daripada nantinya menyesal, sebaiknya beri jeda waktu, tarik nafas panjang, dan jernihkan pikiran terlebih dahulu.

4. Dengarkan penjelasan pasangan Anda

Jangan cuma mau menang sendiri, Anda juga perlu mendengarkan apa yang ingin disampaikan pasangan. Dengarkan penjelasannya dan cobalah pahami juga perasaannya.

Hindari mencari-cari kesalahan atas apa yang dikatakan pasangan. Ingat, hubungan asmara itu tidak hanya terpusat pada diri Anda tetapi juga dia. Akan lebih baik jika terjadi komunikasi dua arah di dalamnya.

Wow! Pelukan Bisa Membuat Anda Tenang (shutterstock)
Ilustrasi memeluk pasangan. (shutterstock)

5. Sentuhan fisik

Salah satu cara ampuh mengendalikan emosi terhadap pasangan adalah dengan terkoneksi secara fisik. Jika sedang marah atau kesal, cobalah untuk memeluk atau menyentuhnya. Hal itu mungkin bakal cukup efektif membantu meredakan amarah Anda.

Baca Juga: Seperti Parasit, 4 Tanda Pasangan Cuma Memanfaatkan Anda

Hal ini juga berlaku pada aktivitas seksual bersama pasangan. Umumnya, sebagian laki-laki merasa hubungan seks adalah bentuk dari penyelesaian masalah yang terjadi maupun cara untuk meredakan kemarahan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI