Relationship

Jangan Ikutan Emosi, 5 Tips Menghadapi Istri Suka Marah-Marah

Dear, para suami. Tahukah kalian cara menghadapi istri yang suka marah-marah?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan dituduh selingkuh (Pexels/Keira Burton)
Ilustrasi pasangan dituduh selingkuh (Pexels/Keira Burton)

Dewiku.com - Cekcok merupakan hal yang wajar terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Hal tersebut juga bisa saja disebabkan masalah kecil hingga masalah yang sangat besar. Bagi para suami, tak jarang mereka pusing menghadapi istri yang suka marah-marah.

Bagi beberapa pasangan, istri kerap menjadi pihak yang paling doyan marah-marah. Nah, dikutip dari Times of India, berikut beberapa tips tentang cara menghadapi istri suka marah-marah.

1. Jangan sampai kehilangan kesabaran

Tak peduli seberapa besar marahnya istri, jangan sampai Anda kehilangan kesabaran. Ingat, setidaknya dalam satu perdebatan, mesti ada yang tenang dan waras.

Anda perlu mengelola masalah tersebut menjadi lebih baik, maka tetaplah sabar dan bersikap tenang. Selain itu, hadapi pasangan Anda dengan pikiran yang terbuka.

Ilustrasi perempuan teriak - (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi perempuan teriak - (Pixabay/Tumisu)

2. Belajar memahami

Ketika istri marah-marah, ada baiknya Anda mulai belajar untuk memahami. Orang marah bukannya tanpa sebab. Pasti ada sesuatu yang bisa menimbulkan kemarahan.

Walat marahnya istri bikin stres, beri sedikit waktu untuk memahaminya. Kalau sudah tahu penyebab masalahnya, segera selesaikan dengan tenang.

3. Tanyakan apa yang membuat dia marah

Jika istri marah-marah kepada Anda, coba tanyakan apa yang membuatnya marah. Lakukan percakapan dari hati ke hati, dan cari akar masalahnya. Jika tidak begitu, pertengkaran tidak akan bisa selesai.

Ilustrasi pasangan berpelukan. (Pexels/Vasyl Potochnyi)
Ilustrasi pasangan berpelukan. (Pexels/Vasyl Potochnyi)

4. Saling bangun komunikasi

Cara terbaik menyelesaikan masalah adalah membangun komunikasi. Begitu juga ketika istri marah di rumah, bicarakan itu semua kepadanya dengan tenang.

Biarkan istri mengungkapkan perasaannya kepada Anda. Ingat, jangan sampai Anda kehilangan kesabaran. Semua masalah pasti akan berakhir.

5. Bilang padanya bahwa Anda bersyukur punya dia

Meski istri suka marah-marah, jangan sampai Anda membencinya. Bilang padanya bahwa Anda bersyukur memilikinya. Itu bisa jadi kado terindah untuk istri Anda sehingga dapat meredam amarahnya. Istri juga akan luluh pada Anda. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini