Pacaran saat Puasa, Boleh atau Tidak? Ini Kata Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi singgung soal chat dengan lawan jenis yang membuat hati berdesir.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 20 Maret 2024 icon 18:30 WIB
Pacaran saat Puasa, Boleh atau Tidak? Ini Kata Oki Setiana Dewi

Ilustrasi pasangan suami istri (Freepik/pch.vector)

Bulan Ramadan adalah ladang pahala bagi umat muslim. Tidak hanya sekedar menjalankan ibadah puasa, tetapi juga berusaha sebaik mungkin untuk menjauhi hal-hal yang dilarang Allah SWT.

Hanya saja, masih banyak orang berpuasa sambil tetap melakukan hal yang dilarang agama, salah satunya pacaran. Lantas, bagaimana hukumnya?

Terkait hal itu, ustazah Oki Setiana Dewi mengungkapkan bahwa hukum pacaran di bulan Ramadan adalah haram. Pasalnya, walau cuma dengan bertukar pesan dari ponsel, perkataan yang disampaikan satu sama lain bisa memancing rasa rindu.

Baca Juga: Saatnya Brand Lokal Raup Banyak Cuan di Bulan Ramadan, Ini 6 Trik Jitunya

"Dalam chat itu, teman-teman sekalian ada perkataan-perkataan yang membuat kadang-kadang hati kita ini deg-degan. Hati kita ini, apa, ya? Berdesir," tutur Oki Setiana Dewi dalam video yang diunggah di Tiktok.

Ucapan rindu via chat juga disebut menjadi hal yang mendorong diri sendiri menjurus pada perbuatan zina. Padahal, hukum zina adalah haram.

"Dalam chat itu, kadang-kadang teringat dia. Rindu akan dia. Nah, itu akan kadang-kadang kita mengucapkan I miss you, I love you dan sebagainya. Itu perkataan yang menjurus kepada perbuatan mendekati zina," terang Oki Setiana Dewi.

Baca Juga: 15 Ide Menu Takjil Ramadan, Aneka Kolak hingga Gorengan

Perkara zina dijelaskan dalam Al Quran surat Al-Isra ayat 32:

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32).

Oleh sebab itu, Oki Setiana Dewi menegaskan bahwa umat Muslim mesti memanfaatkan waktu Ramadan untuk hal-hal yang baik. Misalnya adalah memperbanyak tadarus Al Quran.

Baca Juga: Rekomendasi Fashion Ramadan untuk Pria, Bisa Sekalian Jadi Baju Lebaran

"Jadi bulan Ramadan kita sucikan diri kita," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI