Apa Itu PAP? Jangan Sampai Salah Kaprah

Inilah yang dimaksud dengan singkatan populer PAP.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 12 Juni 2024 icon 20:30 WIB
Apa Itu PAP? Jangan Sampai Salah Kaprah

Ilustrasi perempuan melakukan swafoto (Freepik/tirachardz)

Apakah kamu pernah merasa kebingungan saat seseorang tiba-tiba minta PAP? Jika sampai salah mengatikan, percakapan via aplikasi chat bisa jadi tidak nyaman bagi kedua pihak.

PAP termasuk singkatan bahasa gaul yang banyak digunakan. Selain aplikasi chat, orang-orang juga kerap menggunakannya saat berkomunikasi di berbagai media sosial.

Ada begitu banyak istilah kekinian yang berasal dari singkatan dalam bahasa Inggris. Mengingat tren yang cepat berputar, tak heran jika banyak orang jadi tidak tahu arti dari kata atau istilah gaul tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Confess? Ini Maknanya dalam Lika-liku Kehidupan Asmara

Bicara soal PAP, orang-orang biasanya akan menggunakannya untuk meminta informasi berupa gambar untuk menunjukkan sesuatu hal.

Ilustrasi foto selfie. (Pexels/Lisa Fotios)
Ilustrasi perempuan melakukan swafoto. (Pexels/Lisa Fotios)

Melansir Suara.com, PAP adalah singkatan dari bahasa Inggris "Post a Picture". Secara harfiah, artinya dalam bahasa Indonesia adalah mengunggah sebuah foto.

Sederhananya, PAP adalah permintaan untuk mengirim foto kepada lawan bicara dalam percakapan di media sosial. Foto yang perlu dikirim tentunya berkaitan dengan konteks percakapan.

Baca Juga: 14 Ciri Pasangan Clingy, Ketahui Beberapa Faktor Penyebabnya

Contohnya, saat izin tidak ikut nongkrong bareng teman, mereka meminta PAP untuk mengetahui kondisimu yang mungkin sedang sakit atau punya kesibukan lain. Selain itu, berikut beberapa hal yang mungkin membuat orang minta PAP.

1. Ingin engetahui profil asli

Media sosial jelas beda dengan dunia nyata. Orang bisa saja memasang foto apa pun dalam profil mereka. Oleh karenanya, saat hendak melakukan transaksi apa pun, PAP atau foto asli mungkin diminta untuk memastikan bahwa itu bukan penipuan.

2. Mengetahui posisi terkini

PAP juga menjadi cara yang bisa digunakan untuk memberi tahu orang lain tentang posisi terkini, misal saat ada janji bertemu.

3. Transaksi jual beli online

Baca Juga: Apa Itu Cegil? Istilah Unik yang Viral di Media Sosial

Pembeli mungkin minta PAP dari penjual saat ingin belanja online. PAP produk salah satunya dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang hendak dibeli dalam kondisi baik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI