Jangan Salah Pakai, Ini Jenis - Jenis Clay Mask

Beda clay mask, beda jenis kulitnya pula.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 24 September 2018 icon 07:00 WIB
Jangan Salah Pakai, Ini Jenis - Jenis Clay Mask

Clay Masker/pinterest.com

Popularitas clay mask memang sangat tinggi beberapa tahun belakangan ini. Selain sifatnya yang alami, hasil dari penggunaan clay mask juga dapat terlihat sejak penggunaan pertama. Namun tahukah kamu, kalau clay mask terdiri dari beberapa jenis dan tidak diformulasikan untuk kondisi kulit yang sama?

Biar tidak salah pakai, yuk pastikan dulu kamu sudah memilih clay mask yang tepat sesuai jenis kulit!

1. White kaolin clay

Baca Juga: 4 Mitos Soal Sheet Mask yang Perlu Kamu Tahu

Kulit kering dan sensitif cocok menggunakan clay ini. Kaolin dikenal kaya akan kandungan mineral seperti zinc, kalsium, magnesium da silica. Kandungan disinfektan dalam kaolin clay mampu mengurangi jerawat dan infeksi pada kulit. Kaolin sangat lembut dan aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Trik menggunakan clay mask bagi pemilik kulit kering dan sensitif adalah dengan mencampurkan beberapa tetes essential oil ke dalam campuran masker.

Ilustrasi green clay mask. (Unsplash/Isabell Winter)
Ilustrasi green clay mask. (Unsplash/Isabell Winter)

2. Bentonite clay

Untuk yang punya tipe kulit berminyak, bentonite clay mask bisa jadi pilihan. Sebab ia mampu mengikat bakteri serta racun yang berada pada permukaan kulit hingga dalam pori-pori. Selain itu bentonite clay mask bermanfaat untuk mengatasi blemish, kemerahan pada kulit, hingga reaksi alergi akibat produk skincare.

Baca Juga: Nggak Cuma Sehat, Olahraga Juga Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

3. French green clay

Kalau kulit kamu berminyak plus acne prone, cocok menggunakan french green clay. Selain bertindak sebagai magnet yang mampu menarik kotoran, clay satu ini juga mampu dijadikan exfoliator. Tingkat eksfoliasi dari jenis clay ini berada pada tingkat mild dan dapat memberikan tampilan kulit wajah yang lebih cerah dan sehat. Tapi penting untuk membatasi penggunaannya agar tidak menyebabkan iritasi.

clay/pinterest.com
clay/pinterest.com

4. Moroccan Rhassoul Clay

Baca Juga: Tidur Pakai AC Nggak Bagus untuk Kulit, Ini Kata Dermatologi

Rhassoul clay memiliki kemampuan yang hebat untuk menyerap minyak dan kotoran dalam kulit. Selain memiliki kandungan mineral yang tinggi, yang spesial dari rhassoul clay adalah lembut untuk kulit sensitif dan dapat mengimprove elastisitas dan kejernihan kulit. Rhassoul clay paling cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kering dan normal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI