Beauty

Menggunakan Serum Wajah Harus Menunggu Usia 30 Tahun, Benarkah?

Baca dulu penjelasan soal serum wajah di bawah ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi serum. (Unsplash/Tiara Leitzman)
Ilustrasi serum. (Unsplash/Tiara Leitzman)

Dewiku.com - Jika kita membaca informasi tentang serum wajah, kebanyakan sumber menyarankan untuk menggunakan skincare yang satu ini ketika menginjak usia 30an. Alasannya, pada usia itu, kulit wajah rentan dengan berbagai keluhan terkait usia, seperti kerutan dan flek hitam.

Lalu, bagaimana jika kita menggunakan serum wajah sebelum usia yang disarankan?

Tenang, Girls. Usia 30 itu hanyalah angka yang disarankan sehingga bukan acuan baku jika kita ingin mengaplikasikan serum pada wajah.

Ilustrasi serum wajah / Unsplash.com
Ilustrasi serum wajah. (Unsplash)

Dilansir dari Gritty Pretty, serum boleh digunakan lebih awal jika kulit wajah kita sudah mengalami kerut halus dan flek hitam sebelum usia 30 tahun.

Masih dari Gritty Pretty, masalah seperti kerut halus dan flek hitam pada wajah nggak melulu disebabkan faktor usia. Pola makan, rutinitas skincare, dan kondisi genetik juga turut ambil bagian dalam keluhan seperti itu.

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan serum yang tepat.

JK7 menjual produk serum wajah termahal di dunia / Instagram @jk7skincare
JK7 menjual produk serum wajah termahal di dunia. (Instagram/@jk7skincare)

Gritty Pretty menuliskan jika serum wajah memiliki konsistensi yang ringan, seperti cairan gel yang dingin, sehingga serum dapat bekerja efektif pada masalah kulit seperti noda hitam, kulit yang sangat kering, atau iritasi.

Kandungan bahan aktif dengan konsentrasi tinggi juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya masalah kulit lainnya.

Meski begitu, untuk yang berusia di bawah 20 tahun sangat tidak disarankan menggunakannya. Hal itu karena serum wajah memiliki bahan aktif tinggi dan ini nggak baik untuk kulit usia muda.

Berita Terkait

Berita Terkini