Tak Cuma Sumber Energi, Ini Manfaat Kabohidrat bagi Kecantikan Kulit

Cari tahu lebih banyak manfaat kabohidrat, yuk!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 13 April 2019 icon 08:15 WIB
Tak Cuma Sumber Energi, Ini Manfaat Kabohidrat bagi Kecantikan Kulit

Perawatan wajah. (Shutterstock)

Kabohidrat menjadi salah satu komponen yang penting bagi butuh. Sangat dibutuhkan untuk memberikan energi pada tubuh. Meski begitu, ada manfaat kabohidrat bagi kecantikan kulit juga, lho.

Makanan yang mengandung kabohidrat seperti nasi dan kentang memang membuat tubuh merasa kenyang. Namun tak hanya memberikan dampak positif sebagai asupan tubuh, manfaat kabohidrat rupanya juga memberikan efek terhadap kecantikan kulit.

Misalnya beras dan oat, mampu memberikan efek kelembutan pada kulit. Nah, itu sebabnya beras dan oat sering dijadikan sebagai bahan pembersih dan pengelupasan kulit.

Baca Juga: Selain untuk Kecantikan Kulit, Ini Manfaat Bath Oil yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi beras merah. (Pexels/Suzy Hazelwood)
Ilustrasi beras. (Pexels/Suzy Hazelwood)

Bahan kabohidrat ini memiliki sifat anti inflamasi. Bahkan, dalam beberapa produk dry shampoo juga menggunakan beras dan oat.

Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut mampu menyerap minyak berlebih pada rambut tanpa membuat kulit kepala menjadi kering.

Jika kalian belum tahu, beras itu ternyata mengandung banyak asam amino, vitamin E, dan asam ferulic. Ini adalah salah satu sumber nutrisi kulit.

Baca Juga: 4 Manfaat Sea Buckthorn untuk Kecantikan Kulit

Ilustrasi oatmeal. (Pixabay)
Ilustrasi oatmeal. (Pixabay)

Sedangkan gandum sangat baik untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran dari tubuh, wajah, dan rambut berkat saponin atau senyawa mirip sabun yang menghasilkan busa alami.

Baca Juga: Glowing Setiap Saat, Ini Tips Punya Kulit ala Artis Korea

Mirip seperti beras, gandum yang merupakan sumber karbohidrat juga bisa menjadi anti inflamasi dan dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi atau sangat kering.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI