Pakai Lipstik Bikin Puasa Batal? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Apakah menggunakan kosmetik seperti lisptik termasuk hal yang membatalkan puasa?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 13 Maret 2024 icon 20:00 WIB
Pakai Lipstik Bikin Puasa Batal? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Ilustrasi lipstik merah. (Shutterstock)

Banyak hal yang dinilai sepele padahal bisa menggugurkan pahala atau bahkan membatalkan puasa di bulan Ramadan. Oleh karenanya, umat muslim sudah semestinya lebih berhati-hati dalam bertingkah laku agar ibadah puasa tidak berujung sia-sia.

Salah satu hal yang kerap membuat banyak orang bertanya-tanya adalah kebiasaan menggunakan kosmetik untuk menunjung penampilan. Contohnya adalah pemakaian produk untuk melembapkan dan mewarnai bibir.

Apakah penggunaan produk-produk kecantikan seperti lipstik atau lipbalm dapat membatalkan puasa seseorang? Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan terkait masalah ini.

Baca Juga: 3 Dosa yang Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Dianggap Remeh!

"Lipstik tak membatalkan puasa kecuali memakai lipstik sambil minum es teh. Itu baru batal," kata Ustaz Abdul Somad, dilansir dari kanal YouTube Okta Nur Amalia.

UAS kemudian menjelaskan sesuai mazhab hambali. Disebutkan bahwa mencicipi sesuatu di ujung lidah saja tidak membatalkan puasa Ramadan seseorang.

"Mencicip gula tak batal, (sesuai Mazhab) hambali, tetapi mencicip sekali. Jangan semangkuk," ujarnya.

Baca Juga: 7 Tips Bangun Sahur Tanpa Drama, Pasang Alarm hingga Hindari Kafein

Itulah mengapa UAS juga berpendapat bahwa memakai produk pelembab atau pewarna bibir tidak membatalkan puasa. Meski begitu, dia tetap mendorong para muslimah untuk tidak perlu mengenakan lip product. Mengapa demikian?

"Jangan pakai-pakai makeup, merah-merah. Nggak usah pakai lipstik. Banyak jemaah kita, akhwat kita tak ada pakai makeup itu, yang penting inner beauty, kecantikan dari dalam, karena hatimu bersih, karena cahaya Tahajudmu," papar UAS.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Lakukan Food Preparation di Bulan Ramadan

Ustad Abdul Somad juga mengatakan, "Karena kalau seseorang sudah biasa pakai makeup, ketika dia tidak makeup, dia tidak pede. Dia tak berani menghadapi orang. Sudah, tak usah lagi pakai makeup."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI