Hari Pendidikan Nasional, Asrama Puteri Sekolah Alam di Bantar Gebang Ini Dapat Hunian Baru

Bantuan hunian baru ini diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar para siswi.

By: Ririn Indriani icon Jumat, 03 Mei 2024 icon 12:15 WIB
Hari Pendidikan Nasional, Asrama Puteri Sekolah Alam di Bantar Gebang Ini Dapat Hunian Baru

Asrama putri Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang yang mendapatkan bantuan dari PT Bina Karya Prima (BKP). (Foto: Istimewa)

Memeringati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2024, Sekolah Alam Tunas Mulia di Bantar Gebang mendapatkan bantuan dari  PT Bina Karya Prima (BKP) berupa hunian baru bagi asrama putrinya.

Sekolah Alam Tunas Mulia adalah sekolah informal yang menampung siswa-siswi pemulung sampah yang bertempat tinggal di sekitar Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Bantar Gebang.

Sekolah dengan jenjang Pendidikan mulai dari Tingkat PAUD hingga SMA ini mendapatkan pengajaran dari para tenaga sukarela sebagai guru yang mengajarkan pendidikan agama, membaca, berhitung dan beberapa mata pelajaran yang ada pada sekolah formal pada umumnya.

Baca Juga: Model, Bocah Ganteng Ini Cuma Mau Pakai Baju Desainer saat Sekolah

Pendiri Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang, Juwarto, menuturkan tahun ajaran 2023-2024 sekolah ini menampung 275 siswa, sebagian dari siswa-siswi menghuni asrama pondok yang disediakan satu area dengan sekolah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Bekasi, Dr. Uu Saeful Mikdar, SpD, MM, menerangkan bahwa pendidikan non formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, paling banyak ditemui pada pendidikan usia dini, serta pendidikan dasar, termasuk pendidikan kesetaraan meliputi paket A, B dan C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Termasuk, lanjut dia, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga kursus,lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Baca Juga: Ini 5 Arti Mimpi Sekolah, Salah Satunya Berkaitan dengan Kepercayaan Diri

“Nah, Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang, termasuk PKBM, ijazah yang dikeluarkan saat lulus SMA setara dengan sekolah formal SMA yang dapat langsung dipakai melanjutkan ke perguruan tinggi untuk mengambil gelar Sarjana,” imbuhnya.

Di peringatan Hari Pendidikan Nasional, PT Bina Karya Prima (BKP) memberi bantuan untuk Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang, berupa hunian baru di asrama pondok bagi siswa putrinya untuk mendukung kenyamanan siswa didik sehari-hari. (Foto: Istimewa)
Di peringatan Hari Pendidikan Nasional, PT Bina Karya Prima (BKP) memberi bantuan untuk Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang, berupa hunian baru di asrama pondok bagi siswa putrinya untuk mendukung kenyamanan siswa didik sehari-hari. (Foto: Istimewa)

Keberadaan sekolah ini dikawasan TPST Bantar Gebang, sambung Dr. Uu, sangat membantu para pemulung yang tidak mampu menyekolahkan anak-ananya di sekolah formal karena terbentur biaya hidup.

“Pendidikan gratis yang disediakan oleh kami disini dimanfaatkan oleh mereka untuk menitipkan anak-anak nya mengenyam pendidikan. Banyak pihak yang membantu kami menyediakan fasilitas memadai untuk anak-anak pemulung yang mengenyam pendidikan disini,” tutur Juwarto.

Lahan yang luas disini dimanfaatkan juga oleh para pemberi bantuan untuk menyediakan fasilitas seperti musholla,ruang komputer dan peralatannya, perpustakaan, bahkan bantuan pondokan asrama sebagai hunian yang nyaman bagi siswa dan siswi ini.

Para pemulung yang menitipkan anak-anaknya di sini, kata Juwarto, tidak mempunyai hunian yang layak untuk ditinggal bersama anak-anaknya.

Ruang kelas sekolah serta pondokan asrama yang disediakan juga awalnya hanya berupa ruangan dan pondokan sederhana terbuat dari bambu, tripleks untuk menampung tidak hanya anak pemulung.

“Namun ada juga anak yatim dan piatu, maupun kaum dhuafa yang antusias menitipkan anak – anak mereka di sini demi mendapatkan pendidikan gratis,dan hunian demi mengurangi beban hidup mereka,” lanjutnya.

Untuk mendukung kenyamanan siswa didik sehari hari, PT Bina Karya Prima (BKP) memberi bantuan hunian baru di asrama pondok bagi siswa putri.

“Kegiatan kami di Sekolah Alam Bantar Gebang merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilakukan oleh Tropical cooking oil salah satu merek dari perusahaan kami pada Hari Peduli Sampah Nasional 2021 dan Hari Anak Nasional 2022,” kata Aristo Kristandyo, Sr. VP Marketing, PT Bina Karya Prima.

Melihat adanya peningkatan jumlah siswa siswi yang mengenyam pendidikan di Sekolah Alam Tunas Mulia setiap tahun dan juga peningkatan hunian di asrama pondokan, perusahaan FMCG tersebut terdorong untuk memberikan bantuan hunian terutama bagi asrama pondokan putri yang kondisi bahan bangunannya sangat sederhana dari bambu, tripleks serta tidur beralaskan tikar untuk menampung sebanyak 25 anak putri di hunian tersebut.

“Tahun 2024 ini kami bantu sediakan hunian baru yang nyaman serta tempat tidur untuk hunian anak putri yang mulai bertambah di tahun ini menjadi sebanyak 36 anak. Bantuan hunian baru ini diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar para siswi saat bersama-sama mengerjakan tugas dari sekolah serta menjadi tempat yang nyaman saat beristirahat,” jelasnya.

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI