Polusi Udara Merusak Kecantikan Kulit, Perhatikan 3 Hal Ini

Bagaimana cara terbaik untuk mencegah kerusakan kulit akibat polusi udara?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 07 November 2023 icon 14:25 WIB
Polusi Udara Merusak Kecantikan Kulit, Perhatikan 3 Hal Ini

Ilustrasi membersihkan wajah. (Unsplash/Septian Simon)

Polusi udara tidak hanya berdampak buruk pada sistem pernapasan, tetapi juga memicu berbagai masalah kulit. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk melindungi kulit secara optimal.

Dikutip dari Suara.com, dokter anti-aging medicine, dr. Haekal Anshari, M, Biomed mengungkapkan bahwa polusi udara kerap mengandung karbonmonoksida, benzena, hidrogen klorida, logam berat, timbal dan merkuri yang berisiko menyebabkan masalah kulit.

Paparan sinar UV bisa semakin memperparah kondisinya, bahkan menimbulkan efek jangka panjang yang butuh penanganan ekstra. Sebut saja masalah hiperpigmentasi, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Baca Juga: Stres Bisa Bikin Punggung Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya

"Kasus-kasus ini akan sering ditemui di Indonesia dengan Extreme index UV menurut WHO lebih dari 11 (> 11) dan juga polusi udara di beberapa kota besar. Tentu sangat penting mencegah daripada mengobati. Ibarat berperang maka diri kita perlu dilengkapi perlindungan dan senjata untuk dapat melawan musuh," papar dr. Haekal.

Sebelum efeknya semakin memburuk, ada tiga langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit rusak akibat polusi udara dan sinar UV.

1. Membersihkan Kulit

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Kulit Kering, Hindari Produk Matte Finish

Ini adalah langkah pertama dan paling utama dalam rutinitas perawatan kulit. Membersihkan zat polutan yang terperangkap di kulit dapat mengurangi dan meminimalisir peradangan.

Membersihkan kulit secara optimal juga dinilai efektif mempercepat penyembuhan skin barrier yang terinfeksi polutan atau zat berbahaya. Setelah kulit bersih, kamu bisa mulai mengaplikasikan produk skincare lainnya untuk perlindungan lebih maksimal.

2. Melembapkan Kulit

Menjaga kelembapan kulit juga sangat penting. Beberapa zat yang melembapkan sekaligus menutrisi kulit adalah hyaluronic acid, antioksidan (SOD), vitamin C, vitamin E, dan lipopeptide.

Dokter Haekal pun lebih menyarankan penggunaan produk skincare yang spesifik untuk masalah kulit tertentu agar hasilnya lebih optimal.

"Perawatan menggunakan produk skincare yang spesifik tentu akan lebih baik karena selain memberikan perlindungan, menangkal radikal bebas, membantu juga untuk mengatasi, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan kulit," jelas dokter yang juga Director Quick Glam Clinic ini.

3. Perlindungan Kulit dari Sinar UV

Kamu juga harus memastikan kulit selalu terlindungi dari paparan sinar UV yang merusak dan meningkatkan risiko penuaan, seperti kerutan dan flek hitam. Penting untuk menggunakan SPF minimal 30 dan PA++.

Baca Juga: Cara Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 3 Perkara Ini

"Proteksi dari sinar UV terlebih karena kita hidup di Negara Indonesia dengan iklim tropis ini. Perlu dipahami juga bahwa paparan polusi udara dan sinar UV dapat membuat kulit berisiko mengalami dehidrasi, teroksidasi, munculnya gangguan hiperpigmentasi, mengalami penuaan dini hingga kanker kulit," katanya menerangkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI