Dian Sastrowardoyo Anggun Pakai Kebaya Janggan, Penjahit Mulai Banjir Orderan

Kebaya janggan yang dikenakan Dian Sastrowardoyo kala membintangi serial Gadis Kretek sukses mencuri atensi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 09 November 2023 icon 15:30 WIB
Dian Sastrowardoyo Anggun Pakai Kebaya Janggan, Penjahit Mulai Banjir Orderan

Serial "Gadis Kretek" (Instagram/netflixid)

Dian Sastrowardoyo banjir pujian karena dinilai sukses memerankan karakter Dasiyah pada serial Gadis Kretek. Salah satu hal yang mencuri atensi adalah kebaya hitam yang dikenakan Dasiyah.

Busana yang dikenakan Dian Sastro adalah kebaya Janggan dengan ciri khas tutup kancing sebelah kiri, berwarna hitam, serta kerah tinggi menutupi leher. 

Popularitas Gadis Kretek rupanya membawa berkah tersendiri bagi penjahit. Banyak orang yang terinspirasi mengenakan kebaya Janggan seperti Dian Sastrowardoyo.

Baca Juga: Perankan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek, Begini Ribetnya Proses Makeup Dian Sastrowardoyo

Seorang penjahit di Garut, Gielang Gumilang mengaku mendapatkan banyak pesanan untuk membuat kebaya Janggan sejak serial Gadis Kretek tayang.

"Beberapa hari setelah penayangan Gadis Kretek, saya bikin (postingan) tentang kebaya janggan. Habis dari itu selang dua belas jam, pesanan membludak. Kebetulan saya memang custom juga rumah jahitnya, jadi ketika ada yang masuk satu orang mau dibuatin kebaya janggan, akhirnya saya berpikir ini bisa jadi ladang usaha untuk mempromosikan rumah jahit saya," ungkap Gielang, dikutip dari Suara.com.

Sepekan setelah Gadis Kretek ditayangkan, Gielang mengaku telah menerima pesanan hingga 49 kebaya. Sebanyak 30 persen di antaranya berasal dari konsumen asal Jakarta, sementara lainnya tersebar di Bandung, Surabaya, hingga Bali.

Baca Juga: 5 Gaya Busana Dian Sastrowardoyo, Pesonanya Tak Ada Habisnya

Gielang menambahkan, kebanyakan konsumennya mengaku ingin mengenakan kebaya Janggan untuk kegiatan sehari-hari, termasuk bekerja. Ini karena mereka terinspirasi Dian Sastro yang juga memakai kebaya itu dalam kesehariannya.

Pelanggan Gielang juga minta agar kebaya dibuat semirip mungkin dengan outfit Dian Sastro. Warnanya juga harus hitam agar sama persis.

"Cuma memang saya menawarkan ke konsumen apakah hitamnya mau polos, atau dia mau ada karakter 3D, mau bahan yang mengkilap. Tapi rata-rata saya tawari warna lain, even itu warna earth tone atau warna gading, mereka tetap maunya hitam. Karena kayaknya kalau ganti warna nggak akan kayak Dian Sastro," ungkap pemilik rumah jahit Acuk Lalaki tersebut.

Gielang menambahkan, saking inginnya mirip dengan Dian Sastro dalam serial Gadis Kretek, ada beberapa pelanggan yang juga minta dibuatkan rok batik hingga aksesoris bros seperti yang dipakai karakter Dasiyah.

Baca Juga: Gaya Cewek Kue ala Dian Sastro Kenakan Outfit Kebaya, Sepatunya Jadi Sorotan

"Itu spesifik kebaya rantai susun, dan itu lumayan PR karena ternyata dulu bros ini nggak trend dipakainya atau mungkin hanya di kalangan tertentu. Tiba-tiba sekarang permintaan yang meledak, lumayan PR untuk nyari," tuturnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI