Lestarikan Budaya, Baju Etnik Semakin Digemari Anak Muda

Semakin banyak anak muda yang senang mengenakan busana dengan nuansa etnik dan tradisional.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 21 November 2023 icon 19:15 WIB
Lestarikan Budaya, Baju Etnik Semakin Digemari Anak Muda

Inspirasi busana batik (Unsplash/wafieq akmal)

Baju etnik atau busana tradisional semakin digemari anak muda masa kini. Kondisinya disebut sudah sangat jauh berbeda dibanding 10 tahun yang lalu.

Vice Executive Chair Indonesia Fashion Chamber (IFC) Riri Rengganis mengatakan, hal itu tak lepas dari inovasi para desainer yang juga semakin berani memadukan unsur tadisional dengan modern.

"Baju tradisional Indonesia makin kontemporer. Mungkin beberapa tahun kemarin itu udah banyak keluar brand yang sifatnya etnik dan keren-keren, tapi sekarang trennya adalah semakin sustainable karena memang nggak bisa lepas dari sustainable dan budaya," ungkap Riri Rengganis, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: 6 Gaya Seleb Pakai Kebaya pada Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023, Syifa Hadju hingga Dian Sastro

Ilustrasi kain tenun (Pixabay/videaki)
Ilustrasi kain tenun (Pixabay/videaki)

Gerakan baju etnik dengan nuansa modern bahkan kompak dilakukan banyak desainer.  Menurut Riri, desainer tidak lagi cuma berlomba-lomba membikin gaun cantik atau jas keren. Pasalnya, bagaimanapun kedua jenis pakaian tersebut identik dengan budaya barat.

Kini semakin banyak yang sadar untuk menghadirkan koleksi berbasis kebaya yang tampak modern tanpa menghilangkan unsur budaya di dalamnya. Langkah itupun mendapat disambut positif oleh masyarakat.

"Ternyata laku juga, akhirnya semua ikutan dan itu gerakannya kayak bareng-bareng dalam waktu 10 tahun terakhir. Terasa sekali unsur budaya itu jadi kekuatan banget. Tinggal kita saling mengingatkan bahwa produk yang berbasis kultur itu tetap harus dijaga kualitasnya, supaya tetap mau dipakai semua orang dan terjangkau harganya," paparnya.

Baca Juga: Jakarta Fashion Week 2024 Sukses Hadirkan Ratusan Desainer Ternama dan Potensial

Riri menyadari, baju etnik, termasuk batik dan tenun, cenderung lebih mahal daripada produk fast fashion. Hal ini pada dasarnya juga berkaitan dengan proses pembuatannya yang relatif lama. 

Walau demikian, para pengrajin juga terus mencari solusi dan alternatif agar harga produk yang dihasilkan bisa lebih terjangkau.

Baca Juga: 5 Kesatria Dewi Fashion Knights 2023 Persembahkan Kreasi Tanpa Batas

"Misalnya, desainer bisa berinovasi menggunakan batik cap. Bisa dikreasikan dengan kontemporer, lebih simpel, otomatis lebih murah, lebih terjangkau juga," tutur Riri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI