Biar Awet, Simak Cara Merawat Baju Bahan Velvet Berikut Ini

Baju bahan velvet memang butuh perawatan khusus.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 20 April 2019 icon 07:30 WIB
Biar Awet, Simak Cara Merawat Baju Bahan Velvet Berikut Ini

Gaun berbahan kain velvet. (Unsplash/Saltanat Zhursinbek)

Kain velvet atau beludru, memiliki tesktur halus dan berbulu dengan tampilan yang berkesan glamour. Namun, tak gampang merawat baju bahan velvet. Salah perawatan, bisa menyebabkan teksturnya tak karuan.

Akibat keunikan jenis kain ini, velvet harus diperlakukan sedikit berbeda dibandingkan bahan lainnya. Tujuannya tentu agar tekstur bulu pada baju bahan velvet tetap halus serta menjaga warnanya tetap merata.

Tenang, ya. Aaranya tidak sulit dan tak harus ke laundry, kok. Dilansir dari Who What Wear, ikuti instruksi merawat baju bahan velvet berikut ini. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Deterjen

1. Cari tahu jenis material velvet

Tak semua bahan velvet sama. Periksa label pakaianmu untuk mencari tahu material bahan velvet. Bahan velvet sutra, mau tak mau, harus diserahkan ke pembersih pakaian profesional.

Di sisi lain, velveteen umumnya terbuat dari katun dan campuran polyester atau rayon sehingga bisa dicuci dengan tangan. Meski mungkin aman dicuci menggunakan mesin cuci, ada baiknya selalu periksa label perawatan di bagian dalam pakaian.

Baca Juga: Canggih, Telur Ini Bisa Mencuci Baju Tanpa Deterjen

Mengenakan baju bahan velvet. (Unsplash/Pawe Furman)
Mengenakan baju bahan velvet. (Unsplash/Pawe Furman)

2. Pilih pembersih alami

Pembersih alami adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan noda dari kain velvet. Salah satunya adalah campuran baking soda dan air perasan lemon.

Jika kamu memilih menggunakan detergen untuk mencuci baju bahan velvet, pilih detergen yang khusus untuk kain lembut atau detergen baju bayi. Campurkan detergen ke dalam baskom yang diisi dengan air dingin lalu cuci dengan tangan.

3. Pisahkan dengan bahan lain

Jika menggunakan mesin cuci, pastikan tidak mencampurkannya bersama handuk, denim, atau baju lain yang berkain tebal atau kasar. Selalu gunakan putaran dengan kecepatan rendah dan hindari menggunakan pengering. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung juga, ya.

Mengenakan busana berbahan velvet. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Mengenakan busana berbahan velvet. (Unsplash/Humphrey Muleba)

4. Hindari menyemprotkan parfum

Semprotan parfum dapat menimbulkan noda pada baju bahan velvet yang membuat warna baju jadi pudar. Lebih baik, semprotkan parfum langsung ke tubuh sebelum kamu mengenakan baju.

5. Gantung menggunakan hanger

Demi menjaga tesktur baju bahan velvet tetap bagus, jangan menyimpannya dengan cara dilipat. Bekas lipatannya akan merusak tekstur bulunya. Sebaiknya gantung baju bahan velvet dengan hanger dan letakkan di bagian lemari khusus baju yang digantung. (Suara.com/Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI