Teman Beraktivitas Seharian, Berikut 4 Tips Memilih Sepatu Nyaman

Berikut beberapa tips memilih sepatu yang nyaman digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Oktober 2021 icon 09:00 WIB
Teman Beraktivitas Seharian, Berikut 4 Tips Memilih Sepatu Nyaman

Ilustrasi sepatu model flat shoes. (Pixabay/javiercampos)

Agar aktivitas kamu di luar ruangan semakin semangat, pemilihan sepatu termasuk hal yang tidak bisa diabaikan. 

Terdapat beberapa tips memilih alas kaki untuk ke kantor dan kuliah offline seperti yang dikutip dari keterangan pers Leo Richie. Apa saja?

Pastikan ukuran alas kaki pas

Baca Juga: 4 Tipe Sepatu dan Sandal Ini Wajib Dimiliki Pria, Apa Saja?

Meski terkesan sepele, tidak jarang ini menjadi kendala utama saat membeli sepatu secara online. Tentunya, kamu bisa mengukur terlebih dahulu panjang kakimu dengan penggaris, lalu cari sepatu yang pas dengan ukuranmu.

Pastikan ada jarak sekitar satu sentimeter antara jari dan ujung sepatu. Atau, coba goyangkan jari kaki untuk memastikan ada ruangan yang cukup luas.

Ilustrasi Sepatu Wanita (Pixabay/geralt)
Ilustrasi Sepatu Wanita (Pixabay/geralt)

Pilih waktu yang tepat untuk menentukan size

Baca Juga: Salah Menempatkan Sepatu, Wanita Ini Dituntut karena Bikin Suami Tersandung

Menariknya, ukuran kakimu akan berbeda panjangnya saat pagi ketimbang sore hari. Dibanding dengan pagi hari setelah seharian aktivitas, ukuran kakimu bakal sedikit membesar pada sore dan malam hari.

Karenanya, ketika membeli sepatu sebaiknya dibeli di sore hari. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman dan pas saat menjalani aktivitas.

Perhatikan ketebalan sol

Ketebalan sol akan memengaruhi kenyamanan kakimu. Kalau terlalu tipis, kamu akan cepat pegal. Namun jika terlalu tebal kamu bakal merasa cepat lelah.

Jika suka sol yang tebal, pastikan sepatu tak terlalu berat. Lain halnya kalau menyukai sol yang tipis, pastikan bagian sol cukup empuk di kakimu.

Perhatikan bahan dan pola

Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu adalah melihat bahan dan pola yang digunakan. Pilih bahan yang nyaman dan tak membuat kaki berkeringat. Jika bahan sepatu terlalu panas, bukan kaki saja yang berkeringat, tapi juga bisa membahayakan kesehatan kaki.

Baca Juga: Bikin Terenyuh, Kisah Kurir Paket Dapat Hadiah Sepatu dari Orang Baik

Selain itu, perhatikan juga pola dari sepatu di bagian tumit. Pastikan kamu memilih sepatu dengan bagian tumit yang empuk supaya kaki tidak mudah lecet. Di samping itu, sangat disarankan untuk memilih sepatu dengan bahan kulit, suede, dan kain. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI