4 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab kepada Anak

Bagaimana cara mengajarkan tanggung jawab kepada anak? Berikut beberapa di antaranya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 12 Agustus 2022 icon 20:06 WIB
4 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab kepada Anak

Ilustrasi anak bermain boneka (Sumber: Unsplash)

Belajar tanggung jawab bisa dimulai dari kecil. Dengan begitu, si kecil dapat lebih mengenal tentang rasa kepemilikan, cara menghargai sesuatu, serta dapat membentuk karakternya. Pastinya kamu mau ‘kan si kecil tumbuh dengan baik?

Melansir dari Mommy Nearest, kita bisa mengajarkan tanggung jawab kepada si kecil dengan melakukan beberapa aktivitas seperti berikut ini.

1. Belajar untuk merapikan mainan

Baca Juga: 4 Gaya Belajar Online yang Cocok Selama Pandemi

Si kecil pasti akan senang bila menghabiskan waktu dengan bermain di rumah. Inilah yang kerap membuat mainan milik mereka jadi berantakan. Pasti kita akan kewalahan kalau harus merapikan mainan anak setiap saat, bukan?

Nah, kita bisa mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab dengan merapikannya sendiri. Kamu bisa memberikan contoh kepada mereka untuk menyimpan kembali mainan ke tempat semula dengan rapi.

2. Kenalkan tentang bercocok tanam

Baca Juga: Belajar Jadi Lebih Seru, Berikut 7 Cara Ampuh Lancar Berbahasa Inggris

Anak-anak pasti suka melakukan hal baru. Nah, kamu bisa mengajak mereka bercocok tanam di halaman rumah. Kamu dapat meminta si kecil menentukan tanaman yang ingin mereka tanam, seperti sayuran, buah, dan bunga.

Lalu, ajarkan kepada mereka cara memasukkan bibit ke pot, memberinya pupuk, serta menyiram tanaman setiap hari. Dari kegiatan yang perlu rutin dilakukan ini, si kecil akan belajar bertanggung jawab untuk mengurus tanaman mereka agar tumbuh subur.

3. Ajarkan tentang proses menabung

Sebagai orang tua, kita pasti sering memberikan hadiah mainan buat si kecil. Namun, bila kita terlalu memanjakan anak-anak justru bisa membuat mereka kurang menghargai sesuatu.

Untuk itu, kita perlu mengajarkan mereka buat menabung dan membeli sendiri barang yang diinginkannya. Kamu juga bisa memberikan penghargaan berupa uang saku tambahan ketika mereka berhasil mendapatkan nilai baik di sekolah.

4. Ajak si kecil untuk melakukan permainan outdoor

Saat cuaca sedang cerah, kamu bisa mengajak si kecil untuk bermain di taman. Ajaklah mereka untuk bermain sepak bola atau basket yang membutuhkan kerjasama di dalam satu tim. Jadi, mereka bisa belajar untuk mengikuti aturan dan bersikap sportif.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan mereka bertanggung jawab untuk membersihkan diri saat pulang ke rumah, seperti mencuci kaki dan tangan sebelum masuk rumah, segera mandi, serta tidak duduk di sembarangan tempat kalau belum bersih.

Itu dia beberapa aktivitas buat si kecil yang bisa mengajarkan kepada mereka tentang tanggung jawab. Nah, kamu bisa memberikan si kecil mainan untuk membantu proses belajar mereka, lho.

Baca Juga: Sering Lupa Tanggung Jawab, 4 Zodiak Ini Terlalu Santai Jalani Hidup

Temukan berbagai jenis mainan anak laki-laki dan perempuan yang berkualitas dari Toys Kingdom Indonesia di website Toys Kingdom Online. Ada banyak sekali mainan edukatif dari merek terkenal, seperti Marvel, Barbie, Lego, Cocomelon, dan lain-lain. Yuk, berikan mainan terbaik untuk si kecil dan dukung tumbuh kembangnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI