5 Manfaat Bunga Saffron, Khasiatnya Semewah Harganya

Apa saja manfaat bunga saffron untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 09 Oktober 2023 icon 12:09 WIB
5 Manfaat Bunga Saffron, Khasiatnya Semewah Harganya

Ilustrasi bunga saffron yang kaya manfaat (Pixabay/Johan Puisais)

Bunga saffron adalah rempah-rempah yang terkenal mahal karena sulit dipanen dan harus diolah dengan proses kompleks. Petani bahkan perlu memanen benang-benang halus dari bunga dengan nama latin crocus sativussatu ini satu per satu.

Melihat harganya yang cukup tinggi, bunga saffron punya banyak manfaat untuk kesehatan. Cara mengomsumsinya cukup mudah, yakni diminim dalam bentuk teh atau kapsul.

Lalu, apa saja manfaat konsumsi bunga ini? Merangkum Alodokter, di bawah ini adalah beberapa manfaat bunga saffron.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati, Bukan Melulu soal Hal Mistis

Ilustrasi bunga saffron yang kaya manfaat (Pixabay/Leopictures)
Ilustrasi bunga saffron yang kaya manfaat (Pixabay/Leopictures)

Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi bunga saffron baik untuk menjaga dan memperkuat imunitas. Ini berkat tingginya kandungan antioksidan yang berguna dalam melawan peradangan atau inflamasi dalam tubuh. 

Meringankan nyeri haid

Baca Juga: Manfaat Bunga Krisan, Ternyata Bagus untuk Perawatan Kecantikan

Perempuan yang mengalami nyeri haid bisa mengonsumsi kapsul yang berisi 30 mg saffron atau teh bunga saffron. Bunga ini juga bisa membantu mengatasi suasana hati yang sedang naik turun selama haid.

Mencegah serangan jantung

Sifat antioksidan pada saffron juga bisa membantu menurunkan kolesterol darah hingga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Inilah mengapa salah satu manfaat bunga saffron adalah mencegah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Mengatasi insomnia

Konsumsi bunga saffron juga bisa membantu mengatasi insomnia. Bunga ini mempunyai kandungan crocetin dan karotenoid yang dipercaya dapat meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

Membantu menurunkan berat badan

Bunga saffron juga cocok untuk kamu yang lagi diet atau ingin menurunkan berat badan. Konsumsi suplemen bunga saffron bisaa membantu menurunkan nafsu makan.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Manfaat bunga saffron memang sangat banyak, tapi kamu tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan. Hal tersebut justru akan menimbulkan efek samping yang cukup serius, seperti mual, sakit kepala, hingga keguguran pada ibu hamil.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI