5 Cara Membuat Camilan Rendah Kalori, Gampangnya Kebangetan

Tak butuh banyak bahan, inilah beberapa cara membuat camilan rendah kalori.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 Januari 2024 icon 19:00 WIB
5 Cara Membuat Camilan Rendah Kalori, Gampangnya Kebangetan

Sajian sayur brokoli (Pixabay/Sendy Wulandhary)

Saat ingin menurunkan berat badan, tentu tidak boleh sembarangan pilih camilan. Makanan atau minuman yang rendah kalori umumnya lebih disarankan.

Saat ingin mengemil, ada baiknya memilih makanan rendah kalori atau kaya serat sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Dilansir dari Boldsky, berikut rekomendasinya.

1. Telur Rebus

Baca Juga: Resep Black Forest untuk Sajian Natal, Bisa Bikin Tanpa Oven

Telur kaya protein dan asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Konsumsi telur di pagi hari bisa membantumu merasa kenyang tanpa banyak kalori.

Rebus air dalam panci, lalu masukkan telur dengan hati-hati. Setelah air mendidih, masak telur selama 9-12 menit untuk mendapatkan kuning telur yang setengah matang hingga matang sempurna. Setelah mendapat tingkat kematangan yang diinginkan, segera celupkan telur ke air dingin untuk menghentikan proses pemasakan.

Camilan sehat bisa dibuat dengan cara mengiris telur rebus menjadi dua bagian, lalu taburi sedikit garam dan merica. Kamu juga bisa menambahkan saus pedas atau mayones sebagai pelengkap.

Baca Juga: Resep Putri Salju, Kue Kering yang Cocok untuk Hampers Natal

Mentimun. (Unsplash/Nathalia Rhea)
Mentimun. (Unsplash/Nathalia Rhea)

2. Mentimun

Mentimun rendah kalori dan tinggi kandungan air. Kamu hanya perlu mencuci mentimun hingga bersih, lalu iris tipis-tipis. Campur dengan sedikit garam dan merica sesuai selera. Tambahkan sedikit air lemon untuk memberikan kesegaran ekstra.

3. Kentang

Kentang goreng jelas tinggi kalori, jadi sebaiknya direbus saja. Kentang rebus mengandung jenis pati resisten yang membuatmu merasa kenyang lebih lama dan rendah kalori.

Kupas kentang yang telah dicuci, lalu potong kecil. Rebus kentang dalam air mendidih hingga empuk, umumnya sekitar 15-20 menit. Tiriskan, biarkan kentang agak dingin. Setelahnya, tambahkan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica. Bisa juga diberi bumbu lain sesuai selera, rosemary atau paprika.

4. Seledri

Seledri kaya serat, kalium, folat, dan vitamin K. Seledri juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi saat diet, bahkan membantu melancarkan pencernaan.

Kamu hanya perlu mencuci barang seledri sampai bersih. Sajikan saus rendah lemak, misalnya yogurt dengan campuran bumbu seperti bawang putih dan lemon. Bisa juga pakai saus kacang almond jika ingin lebih kaya rasa.

5. Brokoli

Brokoli kaya vitamin A, C, dan K. Sayuran ini termasuk makanan rendah pati yang cukup mengenyangkan dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Ahli gizi merekomendasikan konsumsi brokoli dalam kondisi mentah atau dikukus.

Baca Juga: Resep French Toast, Cocok untuk Menu Sarapan Simpel

Potong brokoli menjadi kuntum-kuntum kecil. Rebus dalam air mendidih selama 2-3 menit sampai teksturnya agak lunak, tiriskan. Masukkan brokoli ke dalam air dingin agar warnanya tetap hijau cerah. Sajikan bersama saus krim rendah lemak.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI