Ingin Bikin Anak Suka Buah? Simak 5 Tips di Bawah Ini

Bagaimana cara memperkenalkan buah-buahan pada anak?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 21 Januari 2024 icon 20:30 WIB
Ingin Bikin Anak Suka Buah? Simak 5 Tips di Bawah Ini

Buah anggur. (Pexels/Angelica Ospino Laguna)

Selain sayuran, anak tentunya juga perlu diperkenalkan dengan sumber asupan nabati berbeda, termasuk buah. Nyatanya, ada banyak kasus di mana anak menolak makan buah karena berbagai alasan.

Melansir The Fruit Scoop, memperkenalkan buah pada anak dapat menjadi momen eksplorasi sensorik yang baik sehingga membuat kegiatan bermain maupun belajar lebih menyenangkan.

Buah-buahan mempunyai berbagai bentuk, rasa, dan warna yang membuatnya bisa lebih menarik perhatian anak. Ajak anak merasakan buah yang rasanya asam, manis, bahkan pahit. Ini termasuk cara mencegah anak menjadi picky eater.

Baca Juga: Resep Siomay Bandung, Lengkap dengan Sambal Kacang Gurihnya

Berikut beberapa tips untuk memperkenalkan makanan kaya vitamin ini pada anak:

Buah duku (Pexels/Any Lane)
Buah duku (Pexels/Any Lane)

1. Siapkan tempat khusus untuk mencicipi buah

Coba siapkan meja atau nampan dengan berbagai jenis buah yang berbeda. Dorong anak-anak untuk mencoba setiap buah dan minta mereka menjelaskan rasa, tekstur, dan baunya. Kamu bahkan bisa menggunakan penutup mata untuk meningkatkan pengalaman sensorik anak.

Baca Juga: Makanan Sehat Tetap Bisa Enak, Begini Caranya

2. Manfaatkan buah untuk media belajar

Dorong anak-anak untuk memakai buah sebagai media proyek seni. Contohnya, ajak anak menggunakan irisan buah untuk membikin desain atau pola menarik di atas kanvas atau kertas. Langkah ini bisa membantu anak mempelajari berbagai bentuk, ukuran, dan warna buah.

3. Permainan bertema buah

Terdapat banyak permainan seru dan interaktif yang dapat dimainkan dengan buah-buahan, misal berburu buah atau permainan mencocokkan buah. Kegiatan seperti ini bermanfaat membantu anak mempelajari berbagai jenis buah dan ciri-cirinya.

4. Membuat camilan dari buah

Orang tua sangat boleh membuat kue atau camilan lainnya berbahan buah. Contoh paling sederhana, buat sate buah atau pizza buah. Bisa juga menyajikan smoothie atau salad buah sehat untuk anak.

5. Mengenal buah sambil jalan-jalan

Baca Juga: 3 Manfaat Makanan Pedas, Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

Mengajak anak jalan-jalan ke perkebunan atau pasar termasuk cara yang bagus untuk memperkenalkan mereka terkait berbagai jenis buah. Tuntun anak untuk menyentuh, mencium, dan mencicipi bermacam-macam buah yang mereka temui.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI