Berat Badan Nia Ramadhani Susah Naik, Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sudah makan sembarangan, Nia Ramadhani mengeluh berat badannya susah naik. Kenapa?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 26 Januari 2024 icon 15:00 WIB
Berat Badan Nia Ramadhani Susah Naik, Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)

Walau bentuk tubuhnya kerap dipuji lantaran dinilai mewakili body goals idaman banyak orang, Nia Ramadhani ternyata malah punya keinginan untuk coba menaikkan berat badan.

Namun, hal itu ternyta tidak mudah. Istri Ardi Bakrie tersebut sudah makan sembarangan agar berat badannya bisa naik, tetapi hasilnya nihil.

Dilansir dari unggahan Instagram story baru-baru ini, Nia Ramadhani memperlihatkan video tanpa suara yang menyorot sepiring mi goreng dan telur dadar.

Baca Juga: Nia Ramadhani Mirror Selfie, Ternyata Pakai Ponsel Langka

Artis 33 tahun itu mengungkapkan secara tersirat bahwa makanan tersebut sebenarnya bukanlah menu normalnya sehari-hari.

Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)

"Makan sudah seberantakan ini, berat badan nggak naik juga," ungkap Nia Ramadhani.

Memang banyak orang yang merasa berat badan mereka begitu cepat naik karena pola makan tidak sehat. Di sisi lain, ada pula orang-orang seperti Nia Ramadhani yang berat badannya justru entah kenapa sulit naik.

Baca Juga: Dilakoni Nia Ramadhani, Diet Tinggi Protein Boleh Makan Apa Saja?

Berat badan seseorang bisa dipengaruhi banyak faktor, misalnya kondisi kelenjar tiroid. Mengutip Halodoc, gangguan pada kelenjar tiroid bisa jadi salah satu penyebab berat badan susah naik.

Gangguan kelenjar tiroid menyebabkan sistem metabolisme tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga tubuh gagal menyerap nutrisi dari makanan secara optimal.

Kekurangan gizi, depresi, dan mengonsumsi suplemen yang menekan nafsu makan juga dapat menjadi penyebab berat badan tidak naik signifikan.

Selain itu, keseringan olahraga bisa jadi alasan berat badan tidak naik walau sudah makan banyak. Ini karena energi yang keluar lebih besar daripada kalori masuk sehingga tak ada penimbunan kalori yang menjadi lemak di dalam tubuh.

Tak cuma masalah kesehatan, ada pula faktor genetik yang menyebabkan sebagian orang sulit gemuk. Menurut pakar diabetes dan kesehatan genetis dari Columbia University Medical Center, Rudolph Leibel, berat badan alami setiap orang terbentuk secara biologis dan genetis.

Baca Juga: Diet Ketat 6 Bulan, Nia Ramadhani Sukses Turunkan Berat Badan hingga 28 Kilogram

Pada akhirnya, tubuh bakal membawa kembali ke berat badan genetis tersebut. Kondisi ini dapat terjadi pada orang dengan berat badan berapa pun, baik gemuk maupun kurus.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI