Relationship

Perlukah Hapus Foto Mantan Pacar di Media Sosial?

Katanya, foto mantan pacar bikin susah move on.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Eksis di media sosial. (Pixabay)
Eksis di media sosial. (Pixabay)

Dewiku.com - Hubungan romantis saat pacaran sering kali didokumentasikan untuk dibagikan ke media sosial. Namun, saat hubungan itu mesti kandas, tidak sedikit yang pusing harus menghapus foto mantan atau tidak.

Dilansir dari Huffington Post, melihat foto mantan di media sosial memang dapat menjadi penyebab gagal move on. walau Meski mungkin cuma berniat sekadar nostalgia, cara ini justru bisa memancing memori-memori indah yang seharusnya ditinggalkan, seperti dilansir dari Hello Sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2015 mengungkapkan bahwa semakin sering membuka foto-foto bersama mantan di media sosial, semakin besar pula hasrat untuk kembali menjalin hubungan dengannya.

Alih-alih bikin cepat move on, sering melihat foto mantan justru bakal membuka luka lama dan akhirnya membuatmu menyesal mengakhiri hubungan kalian.

Supaya perasaanmu lebih lega setelah putus dengan pacar, sebaiknya perhatikan ini dulu sebelum memutuskan untuk menghapus foto mantan di media sosial.

Ilustrasi stalking media sosial Instagram mantan. (Unsplash/Erik Lucatero)
Ilustrasi stalking media sosial Instagram mantan. (Unsplash/Erik Lucatero)

 

1. Mantapkan hati

Tidak perlu buru-buru menghapus foto mantan jika hatimu belum siap. Pasalnya, melakukan tindakan tanpa berpikir panjang seringnya berujung pada penyesalan.

Alih-alih bikin cepat move on, justru akan menyesal setelah menghapus foto mantan di media sosial. Lebih parahnya lagi, rasa penyesalan tersebut malah membuatmu terus mencari-cari foto kenangan bersama si mantan.

Setiap orang yang baru putus dengan pacar mempunyai waktunya masing-masing untuk menenangkan diri. Hal terpenting, mantapkan hati terlebih dahulu. Dijamin, setelahnya kamu bisa lebih legawa untuk menghapus foto mantan dan membuka lembaran baru.

Ilustrasi menggunakan media sosial Twitter. (Pixabay)
Ilustrasi menggunakan media sosial Twitter. (Pixabay)

 

2. Hapus foto bukan berarti hapus pertemanan

Bila kamu putus secara baik-baik dengan si mantan, maka Anda tentu akan lebih mudah untuk menghapus fotonya dari media sosial. Pasalnya, Anda tahu bahwa menghapus foto sang mantan bukan berarti menghapus hubungan pertemanan.

Ya, walaupun sudah tidak ada lagi fotonya di laman media sosialmu, bagaimanapun juga mantan pacar akan tetap menjadi teman baikmu.

Namun setidaknya, menghapus foto mantan atau pose berdua di masa lalu bisa membantu menjaga perasaan dan privasi satu sama lain.

Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)

 

3. Hargai pasangan Anda yang baru

Katie M. Waber, seorang peneliti dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2014, mengungkapkan seluruh konten di media sosial, baik itu foto, komentar, atau video, dapat membuatmu semakin sulit menghapus bayangan mantan dalam hidupmu.

Hal ini tentu bisa membahayakan hubunganmu dengan pasangan yang baru. Adanya foto mantan di media sosial bisa menimbulkan persepsi bahwa kamu susah move on, padahal sekarang sudah ada pacar baru.

Maka itu, menghapus foto mantan bisa menjadi salah satu cara menghargai kehadiran pasanganmu saat ini. Biarkan masa lalu tetap menjadi masa lalu dan mulailah dengan lembaran baru.

Intinya, jangan panik. Menghapus foto mantan pacar di media sosial tidak buruk jika memiliki dampak positif untuk masa depan dan kemudahan move on. Mantapkan hati lalu hapus. Clear!

Berita Terkait

Berita Terkini