5 Penyebab Bulu Mata Rontok

Sering diikuti dengan celetukan "ada yang rindu", jangan anggap remeh bulu mata yang rontok.

By: Tinwarotul Fatonah icon Jumat, 06 Juli 2018 icon 08:00 WIB
5 Penyebab Bulu Mata Rontok

Pexels.com

Bagaimanapun bentuk bulu mata, mau lentik atau nggak, ia punya fungsi krusial untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Setiap orang pun pasti pernah mendapati bulu matanya rontok sehelai atau dua helai. Sebenarnya kondisi tersebut merupakan hal wajar dan normal, tapi apa sih yang membuatnya rontok? Berikut Dewiku.com paparkan penyebabnya.

1. Kebiasaan mengucek mata

Ini adalah penyebab paling umum. Terlalu keras mengucek mata akan membuat bulu mata rontok satu persatu. Nggak cuma bikin rontok, mengucek mata juga nggak baik, karena mungkin saja jari-jari tangan dipenuhi bakteri yang bisa bikin mata infeksi.

Ilustrasi maskara / pixabay.com
Ilustrasi maskara / pixabay.com


2. Penjepit bulu mata dan maskara

Alih-alih makin lentik, menjepit bulu mata terlalu kencang bikin bulu mata mudah rontok. Apalagi jika ditambah hobi pakai maskara waterproof. Pasalnya, maskara waterproof mengandung bahan kimia yang menyebabkan bulu mata jadi lebih kaku. Sangat nggak disarankan untuk menjepit bulu mata setelah pakai maskara.

3. Alopecia

Alopecia merupakan kondisi di mana bulu mata terus rontok dan sulit tumbuh. Hal ini merupakan gejala kelainan pada sistem imun, di mana kelainan tersebut menyebabkan imun menyerang dan merusak bagian jaringan tertentu dalam tubuh. Biasanya ditandai dengan kerontokan rambut kepala, alis, bulu mata hingga bulu halus di tubuh. Kalau sudah menemui gejala ini, lebih baik segera periksakan ke dokter.

maskara warna-warni/pinterest.com
maskara warna-warni/pinterest.com

 

4. Kurang Vitamin E

Rupanya bulu mata dapat rontok dikarenakan kekurangan vitamin E. Pasalnya, Vitamin E punya peranan penting dalam pertumbuhan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kalau kekurangan vitamin satu ini, bulu mata sangat rentan rontok.

5. Radang pada kelopak mata

Kondisi ini disebut juga dengan blefaritis. Biasanya disebabkan oleh infeksi kuman, cedera, atau reaksi alergi. Salah satu dampak yang ditimbulkan ketika radang kelopak mata terjadi adalah rontoknya bulu mata. Bila disertai rasa sakit dan gatal terus menerus, sebaiknya segera periksakan ke dokter, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI