Beauty

Girls, Ini Tips Merawat Kuku Kaki agar Tetap Sehat Bercahaya

Kamu nggak perlu bayar mahal untuk perawatan kuku kaki di salon.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi merawat kuku kaki. (Pinterest)
Ilustrasi merawat kuku kaki. (Pinterest)

Dewiku.com - Kuku kaki mungkin sering kita abaikan karena letaknya yang berada pada bagian tubuh paling bawah dan sering tertutup sepatu. Meski begitu, merawat kuku kaki harus tetap kamu lakukan agar terbebas dari masalah kesehatan, seperti cantengan dan bau tak sedap. Kamu nggak perlu bayar mahal untuk pedicure di salon, beberapa perawatan sederhana ini bisa kamu terapkan di rumah lho.

Jadi penasaran kan? Simak dalam tulisan Dewiku.com di bawah ini.

Menggunting kuku kaki secara teratur

Agar kamu tidak cedera karena kuku yang terlalu panjang, sebaiknya gunting kuku kaki secara rutin tiap dua minggu sekali. Gunting hanya bagian yang panjang saja dan jangan terlalu dalam.

Kamu akan lebih mudah menggunting kuku kaki dalam keadaan setengah basah, misalkan setelah mandi pagi.

Ilustrasi menggunting kuku kai. (Pinterest)
Ilustrasi menggunting kuku kai. (Pinterest)

Jangan terlalu sering diwarnai

Campuran zat dalam pewarna kuku bisa mengakibatkan kuku kaki menjadi kusam dan rapuh. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering mewarnainya. Bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki kuku kaki seperti itu, sebaiknya berikan pelembap khusus untuk kuku.

Pelembap ini berfungsi untuk menjaga kuku agar kuat dan tetap sehat. Gunakan pelembap kuku sebelum dan setelah beraktivitas, terutama buat kamu yang memakai sepatu tertutup.

Ilustrasi mewarnai kuku kaki. (Pinterest)
Ilustrasi mewarnai kuku kaki. (Pexels)

Rutin merendam kaki

Perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan lainnya adalah merendam kaki dalam air hangat. Memasukkan bahan-bahan alami juga bisa memberi hasilyang lebih maksimal. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan diantaranya:

Ilustasi merendam kaki. (Pinterest)
Ilustasi merendam kaki. (Pinterest)

1.Minyak zaitun

Minyak yang terkenal dalam dunia kecantikan ini berfungsi untuk melembapkan kuku dan kulit sekitar kaki. Jika tidak menemukan minyak zaitun, kamu juga bisa menggantinya dengan minyak kelapa.

2. Garam dapur

Garam dapur bersifat antiseptik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghalau bakteri yang menempel di sekitar kuku dan kaki. 

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki efek yang menenangkan sekaligus menyegarkan dalam waktu yang bersamaan. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga baik untuk menutrisi kulit dan kuku.

Jadi buat kamu selama ini menyepelekan kuku kaki, ayo segera rawat kukumu agar tetap sehat dan bebas dari bau tak sedap!

Berita Terkait

Berita Terkini