Begini Pengaruh Posisi Tidur terhadap Kecantikan Kulit

Kecantikan kulit bukan hanya dipengaruhi kualitas tidur, tetapi juga kebiasaan posisi tidur.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 September 2018 icon 17:00 WIB
Begini Pengaruh Posisi Tidur terhadap Kecantikan Kulit

Ilustrasi sulit tidur nyenyak. (Unsplash)

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulit. Namun, sekedar tidur nyenyak belum cukup. Kamu juga haris memperhatikan kebiasaan posisi tidur.

Posisi tidur yang salah bisa mempengaruhi kesehatan kulit, mulai dari menyebabkan jerawat hingga mempercepat munculnya tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus pada wajah.

Dikutip dari Times of India, seorang dermatolog asal India, Dr. Kiran Lohia, memberikan beberapa saran dan alasan mengapa kamu harus tidur dalam posisi yang tepat.

Baca Juga: Masker Labu Kuning, Perawatan Alami untuk Wajah Awet Muda

1. Tidur memeluk bantal

Tidur telentang merupakan cara terbaik untuk tidur. Mempertahankan posisi tidur dengan ketinggian 20-30 derajat bisa membuat cairan mengalir dengan lebih baik di dalam tubuh.

Sayangnya, masih banyak orang yang memilih untuk tidur menyamping atau tengkurap. Hal ini membuat wajah terdorong dan tertekan ke bantal. Sumber masalahnya terletak pada sarung bantal yang memiliki bakteri, termasuk bekas produk perawatan dan makeup yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cloudless Skin, Tren Kecantikan Baru di Korea Selatan

Jika kamu sulit tidur terlentang dan lebih nyaman sambil memeluk bantal, solusi terbaik adalah sering-seringlah mengganti sarung bantal. Jika tidak, bakteri pada sarung bantal bisa memicu jerawat atau ruam.

Ilustrasi tidur. (Pexels)
Ilustrasi tidur. (Pexels)

2. Tidur tengkurap

Kamu terbiasa dengan posisi tidur tengkurap? Sayangnya menurut ahli, ini adalah cara tidur terburuk. Posisi tengkurap menekan seluruh wajah ke bantal sehingga menghalangi folikel kulit dan membuat pori-pori tersumbat. Dampaknya juga bisa menyebabkan jerawat dan timbul garis-garis halus.

Walaupun sedang tidur, kulit juga perlu bernapas. Namun, posisi ini membuat sirkulasi cairan dalam tubuh tidak berjalan lancar. 

Jika wajahmu tertekan di bantal setiap malam selama 8 jam, jangan kaget kalau kamu jadi punya mata bengkak atau kantung mata. Tekanan berlebihan juga tidak baik untuk kulit karena bisa memicu kerutan.

3. Tidur menyamping

Kerusakan kulit yang ditimbulkan kebiasaan posisi tidur menyampil memang lebih sedikit dibanding tengkurap. Namun, ini juga bukan posisi tidur ideal.

Saat kamu tidur, ada satu sisi yang mendapatkan tekanan luar biasa. Hal tersebut dapat meratakan tulang pipi dan memicu kerutan di bagian samping karena gesekan dan tekanan.

Selain itu, jika kamu menggunakan produk perawatan kulit sebelum tidur, formula produk mungkin malah akan menempel di bantal dan tidak terserap oleh kulitmu.

Tidur. (Pexels)
Tidur. (Pexels)

4. Tidur telentang

Tidur telentang adalah posisi tidur ideal. Hal itu karena kamu tidak membuat banyak tekanan pada kulit wajah. Manfaatnya, kontur wajah akan lebih merata. Garis-haris halus juga akan menjadi lebih sedikit sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan halus.

Berbeda dengan tidur menyamping dan tengkurap, cairan tidak akan menumpuk di sekitar mata sehingga posis terlentang bisa mencegah mata bengkak.

Bukan cuma itu saja, wajahmu juga tidak akan sering-sering menyentuh sarung bantal sehingga menghindari pertukaran kotoran dan bakteri. Manfaatnya jelas adalah mencegah iritasi kulit dan jerawat.

Jadi, biarkan kulitmu bernapas semalaman dengan tidur telentang. Ini mungkin bukan hal yang mudah kalau belum terbiasa. Namun, demi menyelematkan kulit, tidak ada salahnya dicoba, kan?

 

Baca Juga: 8 Posisi Tidur Ini Menggambarkan Pola Hubungan Percintaanmu

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya di Suara.com dengan judul Ladies, Ini Pengaruh Posisi Tidur Terhadap Kecantikan Kulit

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI