Tips Aman Melindungi Kulit saat Berenang

Biar kulit tidak gosong dan bersisik.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 30 September 2018 icon 16:30 WIB
Tips Aman Melindungi Kulit saat Berenang

Kolam renang. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Bagi yang tidak suka melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, berenang jadi opsi menarik. Karena selain tidak perlu berkeringat, tubuh lebih banyak bergerak dan lebih segar.

Namun ada satu masalah klasik yang menjadi perhatian perempuan saat berenang, yakni bagaimana melindungi kulit dan rambut. Sebab, kaporit yang tercampur dengan air kolam renang bisa berdampak buruk bagi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Nah dilansir dari Boldsky, berikut cara melindungi kulit saat berenang, yuk simak!

Baca Juga: Inilah Rahasia Perawatan Wajah Amanda Rawles

1. Menggunakan tabir surya

Kombinasi air yang mengandung klorin dan matahari adalah malapetaka. Selain bikin hitam juga bisa merusak kulit. Untuk itu memakai tabir surya sebelum berenang adalah hal wajib. Usahakan memilih tabir surya yang water-resistant atau waterproof sebab nilai proteksi tabir surya akan menurun seiring waktu. Jangan lupa mengoleskannya lagi setiap 40-80 menit ya.

berenang/pexels.com
berenang/pexels.com

2. Mandi sebelum dan sesudah berenang

Baca Juga: Serum Vitamin C, Penjelasan dan Tips Penggunaannya

Mandi atau membersihkan kulit sebelum memasuki kolam renang penting dilakukan. Hal itu merupakan persiapan bagi tubuh dan kulit untuk menyingkirkan semua klorin dan bakteri selama berenang. Dan sesudah berenang, bilas seluruh tubuh dengan sabun dan shampo. Jika memungkinkan, mandilah dengan air hangat karena akan lebih mempercepat proses pelepasan bahan kimia yang menempel pada tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk melindungi kulit perenang dan membangun kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jika kulit masih terasa kering selesai berenang, campurkan serum Vitamin C ke pembersih wajah yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar ultraviolet.

Pelembap. (Pexels)
Pelembap. (Pexels)

4. Pelembap

Baca Juga: 4 Perawatan Dasar Kulit Wajah yang Wajib Dijadikan Rutinitas

Selama berenang, kulit terkena bahan kimia yang tercampur dengan air kolam renang dan sinar matahari, untuk itu penting bagi perenang untuk melakukan perawatan kulit setelahnya. Selesai mandi, langsung gunakan losion yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan vitamin E ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI