Beauty

Mau Gunakan Belerang untuk Jerawat? Simak Penjelasan Lengkapnya

Ini manfaat dan efek samping belerang untuk jerawat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi belerang. (Pixabay)
Ilustrasi belerang. (Pixabay)

Dewiku.com - Kalian pasti sering dengar tentang khasiat belerang untuk mengatasi jerawat, kan? Yup, beberapa kandungan dalam belerang memang baik untuk mengatasi jerawat. Namun, bukan berarti bisa bebas menggunakan belerang tanpa aturan.

Kamu harus tetap teliti dalam menggunakannya, utamanya pada kulit wajah. Berikut penjelasan yang DewiKu rangkum dari berbagai sumber.

Belerang sebagai anti jerawat

Belerang atau sulfur adalah mineral alami yang berasal dari alam dan banyak ditemukan di sekitar gunung berapi. Karena sifatnya yang anti inflamasi dan anti bakteri, banyak yang memanfaatkan belerang untuk mengobati sakit kulit, termasuk jerawat.

Ilustrasi gunung berapi, tempat belerang banyak ditemukan. (Pixabay)
Ilustrasi gunung berapi, tempat belerang banyak ditemukan. (Pixabay)

Jika dibandingkan dengan 2 kandungan anti jerawat populer lainnya, yaitu salicylic acid dan benzoyl peroxide, maka belerang adalah gabungan antara keduanya. Belerang mampu membuka sumbatan pori-pori seperti yang dilakukan oleh salicylic acid sekaligus bisa mengatur kadar minyak dan memiliki sifat anti bakteri, seperti benzoyl peroxide.

Sayangnya, kadar pH belerang cukup tinggi sehingga mineral ini tidak bersahabat untuk kulit kering dan sensitif. Salah satu efeknya adalah rasa terbakar, iritasi kulit hingga kemerahan.

Namun, berbeda untuk kulit berminyak, belerang bisa dimanfaatkan sebagai keratolitik. Belerang akan bekerja dengan mengelupas lapisan atas kulit dan mampu mengangkat sel kulit mati sehingga membentuk lapisan baru yang lebih bagus pada kulit.

Jerawat/pixabay.com
Iliustrasi jerawat/pixabay.com

Efek samping belerang untuk kesehatan

Penggunaan belerang dalam jumlah banyak dan sering dapat menimbulkan masalah kulit seperti yang sudah disebutkan di atas. Sangat dianjurkan untuk menggunakan belerang dengan dosis yang sesuai.

Belerang juga memiliki aroma yang sangat menyengat dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti sesak nafas, pusing dan mual. Jika kamu menggunakannya pada wajah, sebaiknya berhati-hati agar tidak terkontaminasi dengan mata.

Khusus untuk ibu hamil, sebaiknya hindari perawatan tubuh yang mengandung belerang ya. Hal itu dapat menyebabkan asma hingga gangguan kesehatan janin.

Berita Terkait

Berita Terkini