5 Tanda Kamu Memiliki Kulit Sensitif

Salah satunya adalah gatal.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 16 Oktober 2018 icon 15:30 WIB
5 Tanda Kamu Memiliki Kulit Sensitif

Kulit sensitif. (Unsplash/Kelley Bozarth)

Menjaga kesehatan kulit saat ini menjadi tugas yang cukup sulit. Bagaimana tidak? Debu, polusi, dan kotoran siap menyerang kapan saja. Kalau kamu punya kulit sensitif, kewaspadaan pun harus ditingkatkan untuk melindungi kulit dari faktor eksternal.

Bicara soal kulit sensitif, mungkin masih banyak yang ragu apa saja indikator untuk bisa dibilang mempunyai kulit sensitif. Untuk menjawabnya, berikut ada 5 tanda yang jelas menunjukkan kalau seseorang memiliki kulit sensitif. Yuk, simak!

1. Mudah tersengat dan terbakar

Baca Juga: Pemilik Kulit Sensitif, Baca Ini Sebelum Beli Produk Kecantikan

Menggunakan beberapa produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berlebih dapat menyebabkan sengatan atau luka bakar. Itu merupakan tanda jelas dari kulit sensitif.

Hal ini sangat umum terjadi pada penggunaan produk seperti gel atau krim terutama yang mengandung alkohol.

Kulit dehidrasi. (Pexels)
Kulit terbakar. (Pexels)

2. Sering ruam dan benjol

Baca Juga: Tanda Kalau Dia adalah Seorang Pria Gentleman

Pernahkah kamu terbangun untuk menemukan benjolan kecil yang mengganggu di wajah? Jika hal itu sering terjadi, mungkin kamu memiliki kulit sensitif. Penyebabnya bisa beberapa hal, seperti tidak mencuci muka dengan benar.

Jika ingin menggunakan krim atau gel baru, selalu mengujinya di lengan bawah terlebih dahulu dan menunggu satu atau dua hari untuk memeriksa apakah hasilnya menjadi jenis ruam atau benjolan. Kalau tidak, berarti aman.

3. Kemerahan

Kemerahan pada kulit adalah tanda paling umum untuk kulit sensitif. Bagi yang sering mengalami kemerahan pada kulit, disarankan untuk selalu memakai produk perawatan kulit alami atau herbal yang mengandung sangat sedikit atau tanpa bahan kimia sama sekali.

Ilustrasi kulit berjerawat
Ilustrasi kulit berjerawat

4. Kulit gatal

Penggunaan produk berbasis kimia yang berlebihan dan berkepanjangan sering dapat menyebabkan kulit gatal, iritasi kulit, dan kadang-kadang juga dapat menyebabkan infeksi.

Satu-satunya hal yang perlu diingat ketika berhadapan dengan kulit gatal adalah tidak boleh menggaruknya karena hanya akan memperburuk keadaan.

5. Breakouts

Ini salah satu tanda paling jelas kulit sensitif. Terkadang saat kulit kering, ia akan menghasilkan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kulit sensitif yang rentan berjerawat adalah terus mencucinya dengan air bersih. Berikan waktu untuk sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Jangan Mau Jadi Korban, Ini Tanda Dia Akan Melakukan Ghosting

Satu hal yang orang-orang dengan kulit sensitif perlu selalu ingat adalah kulit membutuhkan waktu sendiri untuk menyembuhkan dan menunjukkan efek. Jadi semakin sedikit produk yang digunakan untuk kulit sensitif, kesehatan kulit dapat lebih terjaga.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI