Beauty

Tren Beli Lipstik Bekas, Ini Cara Membuatnya Kembali Steril

Lipstik bekas tetap harus diperhatikan kebersihannya.

Vika Widiastuti | Rima Suliastini

Ilustrasi lipstik. (Unsplash/Junko Nakase)
Ilustrasi lipstik. (Unsplash/Junko Nakase)

Dewiku.com - Belakangan ini, beli kosmetik (termasuk lipstik) bekas sudah mulai jadi bagian dari gaya hidup. Cara ini menjadi solusi bagi anak muda yang ingin memakai kosmetik mahal tapi tak punya cukup banyak uang untuk membeli yang baru.

Begitu juga bagi orang yang baru membeli lipstik mahal tapi warnanya kurang cocok ketika diaplikasikan di wajah. Jual-beli lipstik bekas menjadi solusi paling menyenangkan bagi dua belah pihak.

Setelah beli lipstik bekas, hal yang harus kita waspadai adalah kebersihannya.

Namanya juga barang bekas, pasti ada saja sisi negatifnya. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah bagaimana cara mensterilkan lipstik ini?

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah cara sederhana untuk mensetrilkan kembali lipstik bekas sebelum dipakai.

Ilustrasi lipstik. (Pexels/kaboompics)
Ilustrasi lipstik. (Pexels/kaboompics)

1. Mengikis permukaan terluar
Lipstik bekas pastinya sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Agar kembali steril ketika dipakai, cobalah untuk mengikir lapisan terluar lipstik bekas dengan pisau bersih.

2. Celup dalam alkohol 
Lipstik yang sudah dikikis permukaan terluarnya kemudian dicelupkan sebentar ke dalam cairan alkohol 70 persen. Cara ini cukup ampuh membunuh bakteri yang melekat di permukaan lipstik.

Namun pastikan dulu lipstik yang kita beli aman ketika dicelupkan ke dalam cairan alkohol karena tak semua lipstik mahal terbuat dari bahan yang kebal dengan alkohol.

Lipstik rasa gelato (instagram : @elizabetharden)
Lipstik. ([email protected])

3. Simpan dalam freezer
Setelah itu, simpan lipstik bekas dalam freezer semalaman untuk memastikan bakteri benar-benar mati. Suhu dingin di dalam frezeer dapat membunuh beberapa bakteri yang luput dari kikisan cutter dan alkohol.

4. Turunkan dalam chiller
Keesokan hari, keluarkan lipstik dari freezer dan turunkan dalam chiller beberapa saat sebelum terkena suhu ruang. Perubahan suhu yang tak terlalu mencolok membuat lipstik kita lebih awet ketika dipakai.

Selanjutnya keluarkan lipstik pada suhu ruang dan siap dipakai. Selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini