Beauty

Apa Itu CHANGE? Ini Gambaran Tren Industri Kecantikan di Indonesia 2022

Ini adalah era CHANGE bagi seluruh pelaku industri kecantikan di Indonesia yaitu Collaboration, Hybrid, Advanced, Natural, Glass Skin, dan Eco-Friendly.

Rima Sekarani Imamun Nissa

BLP Beauty berkolaborasi dengan Avoskin meluncurkan produk makeup-skincare Multipurpose Tinted Sunscreen SPF 50/PA++++. (Istimewa/BLP Beauty)
BLP Beauty berkolaborasi dengan Avoskin meluncurkan produk makeup-skincare Multipurpose Tinted Sunscreen SPF 50/PA++++. (Istimewa/BLP Beauty)

Dewiku.com - Pandemi telah mengubah seluruh bagian aspek kehidupan, termasuk perubahan pada industri kecantikan di Indonesia. Sebut saja perubahan penjualan produk yang dahulunya melalui toko offline menjadi memanfaatkan media online hingga perubahan perilaku konsumen.

Revenue growth rate produk kosmetik di Indonesia pada 2020 sempat mengalami penurunan hingga 4% berdasarkan data dari Euromonitor. Tahun 2021, terjadi kenaikan perubahan di industri kecantikan, terutama peningkatan minat pada produk skincare selama kuartal pertama.

Salah satu cara bertahan dalam segala kondisi adalah berubah, begitu pula PT Cosmax Indonesia yang selalu siap berinovasi dengan perubahan yang ada.

Dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Kamis (7/10/2021), Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia mengatakan, "Kini industri kecantikan Indonesia sudah mengalami perubahan, seperti analis tren kecantikan 2022 yang sudah dilakukan oleh Strategic Marketing Team PT Cosmax Indonesia bahwa kini dan tahun berikutnya merupakan era CHANGE bagi seluruh pelaku industri kecantikan di Indonesia yaitu Collaboration, Hybrid, Advanced, Natural, Glass Skin, dan Eco-Friendly."

Tren CHANGE. (Istimewa)
Tren CHANGE. (Istimewa)

Collaboration

Kini sudah banyak kerjasama yang dilakukan antar pelaku industri dan bisnis, termasuk merek kecantikan lokal di Indonesia. Ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan penggabungan koneksi antar pasar.

Contohnya adalah kolaborasi antar merek lokal Somethinc dengan Kopi Kenangan yang menghadirkan produk kecantikan berbahan dasar kopi, yaitu Coffeeinc Lip Scrub.

Ada pula kolaborasi antar merek lokal dan internasional, yaitu Jacquelle berkolaborasi dengan Disney. Hasilnya adalah produk masker wajah bertemakan salah satu karakter Disney, yakni Butter Clay Mask Cinderella dan Yogurt Sleeping Mask Rapunzel.

Hybrid

Hybrid atau Hibrida merupakan inovasi penggabungan dua elemen makeup dan skincare dalam satu produk kecantikan. Produk Hibrida dipercaya memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan kulit. Jenis produk hibrida dapat berupa base makeup seperti Serum Cushion, Tinted Moisturizer, Tinted Sunscreen, Serum Concealer dan lain sebagainya.

Inovasi ini dipopulerkan oleh K-Beauty, dan menjadi semakin populer, terutama di masa pandemi COVID-19. Publik rupanya mendamba produk yang dapat mempercantik sekaligus merawat wajah, terlebih karena penggunakan masker sehari-hari. Oleh karenanya, berbagai merk kecantikan lokal perlu beradaptasi untuk membuat produk dengan inovasi terkini.

Advanced

Konsumen Indonesia sudah semakin sadar akan pentingnya informasi mengenai ingredients produk kecantikan sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Merek kecantikan lokal hadir menawarkan variasi produk dengan advanced technology yang mampu menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Variasi produk advance di Indonesia telah hadir dalam bentuk serum, ampoule, mask pad, sheet mask, dan lainnya.

Natural

Tren natural juga diprediksi jadi bagian kebutuhan industri kecantikan di Indonesia ke depannya. Hal ini mengingat permintaan akan produk berbahan dasar natural semakin meningkat. Beberapa bahan kosmetik natural yang banyak diminati oleh pasar Indonesia yaitu Bakuchiol, Mugwort, Centella Asiatica, dan Calendula.

Glass Skin

Glass skin masih menjadi dominasi tren kecantikan di Indonesia dan Korea Selatan. Hal tersebut karena tingginya minat dan kesadaran konsumen akan kulit sehat, yakni terhidrasi dengan baik dan bercahaya.

Eco Friendly

Tren terakhir yang diprediksi menjadi perhatian pelaku industri kecantikan ke depannya yaitu Eco-Friendly. Tingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan sekitar membuat pelaku industri kecantikan terdorong untuk menghadirkan pilihan produk ramah lingkungan berupa vegan, natural, clean beauty, cruelty free, sustainability, dan lainnya.

Dalam rangka mendukung kemajuan industri kecantikan lokal di Indonesia, PT Cosmax Indonesia selalu menghadirkan produk inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal. Perusahaan juga berkomitmen menghasilkan produk kecantikan lokal dengan kualitas tinggi berdasarkan teknologi terbarukan K-Beauty yang tepat bagi merk-merk kosmetik lokal.

Kemampuan PT Cosmax Indonesia dalam memproduksi produk kosmetik yang terinspirasi dengan karakteristik teknologi K-Beauty terbarukan, telah dibuktikan dengan kehadiran berbagai produk berkualitas seperti BLP Beauty x Avoskin Tinted Sunscreen dan Somethinc Salmon DNA + Marine Collagen Elixir.

Sebagai perusahaan yang merepresentasikan K-Beauty pertama di Indonesia, PT Cosmax Indonesia akan terus mengedukasi masyarakat melalui tren terkini dan akan datang untuk mengembangkan produk kosmetik lokal berkualitas tinggi dan mendunia.

Berita Terkait

Berita Terkini