4 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Bingung cara menghilangkan flek hitam di wajah? Berikut beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Desember 2023 icon 12:30 WIB
4 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)

Memiliki wajah yang bersih dan cemerlang menjadi impian banyak wanita. Akan tetapi, ada saja masalah yang terjadi pada kulit wajah, seperti jerawat dan flek hitam.

Flek hitam adalah penumpukan pigmen di suatu titik di wajah. Penyebab flek hitam antara lain bekas jerawat, paparan sinar matahari berlebih, dan kondisi hormon.

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa cara yang patut dicoba untuk mengatasi flek hitam di wajah. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Baca Juga: Hindari 2 Jenis Makanan Ini agar Wajah Tidak Jerawatan, Lebih Sehat dan Glowing

Ilustrasi perempuan menggunakan serum untuk perawatan wajah. (Freepik)
Ilustrasi perempuan menggunakan serum untuk perawatan wajah. (Freepik)

Krim atau Serum Hidrokuinon

Flek hitam terbentuk karena adanya penumpukan melanin pada suatu titik di wajah. Melanin sendiri adalah suatu pigmen yang memberi warna pada kulit.

Hidrokuinon bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin. Zat ini juga berguna untuk mencerahkan kulit.

Baca Juga: 6 Peeling Serum dari Brand Lokal, Harga di Bawah Rp50 Ribu

Kendati demikian, dosis penggunaan hidrokuinon mesti diperhatikan. Hidrokuinon akan tetap aman digunakan apabila sesuai saran dokter dan tidak melebihi dosis aman.

Jika terjadi iritasi, perubahan warna kulit yang ekstrem dan efek samping lainnya, segera hentikan penggunaan hidrokuinon.

Serum Retinoid

Serum dengan bahan dasar retinoid juga mampu menjadi solusi menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan asam retinoat akan membantu meregenerasi sel kulit mati.

Tidak hanya flek hitam, retinoid bisa menjadi solusi untuk berbagai masalah kulit lainnya. Retinoid baik untuk mengatasi jerawat, komedo, psoriasis, rosacea, dan perawatan anti-aging.

Hanya saja, bahan retinoid dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, gunakan sunscreen untuk meminimalkan efek samping retinoid.

Perawatan Laser

Cara lain untuk menghilangkan flek hitam adalah menggunakan laser. Dalam hal ini, perawatan laser memiliki dua cara kerja.

Pertama, laser bekerja dengan cara langsung berfokus pada flek hitam. Ada juga yang mengikis lapisan kulit sedikit demi sedikit.

Dengan metode laser, lapisan kulit yang gelap akan terbakar. Efeknya memang cepat, tetapi juga memiliki risiko efek samping, mulai dari kemerahan, kulit kering, dan pengelupasan kulit.

Eksfoliasi Kimia

Flek hitam juga dapat dihilangkan dengan menggunakan produk-produk eksfoliasi. Eksfoliasi adalah perawatan wajah dengan mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah.

Eksfoliasi wajah dapat membuat kulit menjadi bersih dan cerah. Dengan catatan, perawatan eksfoliasi ini dilakukan secara konsisten dan rutin.

Selain mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi wajah akan membantu mengangkat komedo dan mengecilkan pori-pori.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Kulit Jadi Lebih Cerah dan Sehat

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT