Sustainable Fashion, 5 Jenama Lokal Sarat Inovasi Ramah Lingkungan

Mengikuti tren berbusana bukan berarti mengabaikan kelestarian alam.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 16 Oktober 2023 icon 12:53 WIB
Sustainable Fashion, 5 Jenama Lokal Sarat Inovasi Ramah Lingkungan

Koleksi Calla The Label x Andien (Dok.Istimewa)

Beberapa tahun belakangan, dampak dari cepatnya perkembangan produk fesyen instan semakin terasa. Limbah fesyen terus meningkat hingga mengancam kelestarian lingkungan alam.

Berdasarkan data dari YouGov, 3 dari 10 orang Indonesia pernah membuang pakaian yang baru dipakai sekali dan 66% di antaranya pernah membuang sedikitnya satu baju dalam setahun. Akibatnya, pada tahun 2021, Indonesia menghasilkan 2,3 juta ton limbah pakaian atau 12% dari limbah rumah tangga, menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIIPSN).

Mengikuti tren berbusana bukan berarti mengabaikan nilai kepedulian pada alam. Peran pecinta fesyen dalam membangun kesadaran akan mode yang lebih berkelanjutan sangat dibutuhkan. Dilansir dari siaran pers, berikut beberapa jenama lokal yang menjunjung inovasi ramah lingkungan.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Busana Andalan sesuai Bentuk Tubuh, Buat Gayamu Lebih Menawan

Merdi Sihombing

Sekembalinya dari show di New York Fashion Week pada September lalu dan menampilkan beberapa koleksinya yang terbuat dari material sustainable seperti TENCEL, desainer kebanggaan Indonesia ini mengungkapkan kebanggaannya pada perhelatan inagurasi sertifikasi EU Label atas LENZING ECOVERO.

Produksi di Purwakarta dinilai semakin memudahkan pelaku fesyen dan pecinta mode mendapatkan tesktil yang ramah lingkungan, berkualitas, dan harga terjangkau.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Outfit sesuai Bentuk Tubuh, Ternyata Semudah Ini Triknya!

Koleksi busana Shaykaaz, jenama lokal yang mengusung produk ramah lingkungan. (Dok.Istimewa)
Koleksi busana Shaykaaz, jenama lokal yang mengusung produk ramah lingkungan. (Dok.Istimewa)

Shaykaaz

Jenama modest wear ini mengusung tampilan elegan nan megah ke dalam setiap koleksi yang menggunakan bahan berkelanjutan. Punya koleksi dengan pemakaian intensitas tinggi seperti mukena, Shaykaaz mengerti pentingnya pemilihan material seperti LENZING ECOVERO yang nyaman dan tahan untuk penggunaan jangka panjang.

EIGER

Komitmen kelestarian alam menjadi landasan EIGER dalam berinovasi. Salah satunya bentuknya adalah produk biodegradable pada inisiatif EIGER Green. Serat pada produk ini dapat terurai kembali dalam waktu 12 pekan dan menjadi kompos. Penggunaan serat TENCEL dapat menjadi bukti konkret dalam kontribusi mengatasi limbah fashion.

SARE/Studio

Loungewear dan pakaian dalam justru termasuk produk mode dengan intensitas pemakaian yang tinggi. Pemilihan serat yang berkualitas dan nyaman tentunya penting untuk dipertimbangkan untuk mendukung kesehatan organ intim.

SARE/Studio merupakan jenama yang cukup aktif dalam kampanye keberlanjutan dalam setiap produk rilisannya. Serat eco responsibe viscose bersertifikat, LENZING ECOVERO yang kini sudah mulai diproduksi di Indonesia menjadi pilihan SARE/Studio untuk ragam koleksi loungewear sejak lama serta serat TENCEL modal untuk koleksi pakaian dalamnya dan busana ready-to-wear

Calla The Label

Sejak berdiri pada 2017, aspek ramah lingkungan selalu menjadi landasan dari setiap rancangan yang diciptakan. Kreativitas permainan warna dan motif yang memukau mata selalu menjadi karakter koleksi Calla The Label.

Baca Juga: Lebih Nyaman saat Menjalankan Ibadah Umrah, Begini Caranya Memilih Busana Syari

Kolaborasi material TENCEL yang lembut, nyaman karena memiliki sirkulasi udara yang baik dan aman bagi kulit sensitif juga menjadi andalan saat kolaborasi dengan nama besar seperti Marsha Timothy, Febby Rastanty hingga Andien diluncurkan ke pasar.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI