Suara akan Berubah Saat Kamu Jatuh Cinta, Benarkah?

Ternyata nggak hanya tingkah laku yang berubah, suara pun juga.

By: Dinar Surya Oktarini icon Rabu, 10 Oktober 2018 icon 15:30 WIB
Suara akan Berubah Saat Kamu Jatuh Cinta, Benarkah?

Berpelukan dengan pasangan. (Unsplash/Niver Vega)

Banyak orang yang tidak menyadari banyak perubahan ketika sedang jatuh cinta, salah satunya suara. Benarkah suara akan berubah saat jatuh cinta?

Jatuh cinta memang menjadi keajaiban yang unik dan menjadi pengalaman terbaik yang bisa dimiliki manusia. Perubahan yang terjadi pun mungkin tak kamu sadari, namun bisa dilihat dengan jelas oleh orang lain di sekitarmu.

Perubahan yang paling nyata adalah perubahan sikap hingga kepribadian. Tapi, pernahkah kamu menyadari bahwa saat jatuh cinta ternyata suara juga ikut berubah?

Baca Juga: Miris, 4 Zodiak Ini Sering Punya Kisah Putus Cinta Menyedihkan

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Fincanco)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Fincanco)

 

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Nonverbal Behaviour dan dilakukan oleh ilmuwan Amerika dari Albright College, Pennsylvaniadi. Hasilnya menemukan bahwa baik pria maupun wanita akan mengalami perubahan suara saat jatuh cinta karena mereka cenderung ingin menyamakan suara dengan pasangannya.

Sebanyak 24 orang yang sedang jatuh cinta diteliti dan ilmuwan mempelajari perubahan suara pada mereka. Peneliti meminta mereka menelpon pasangannya. Hasilnya, selama percakapan berlangsung, suara wanita menjadi lebih rendah, sedangkan suara pria menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Mengungkap Kepribadian dari Kebiasaan Merapikan Tempat Tidur

Ilustrasi telpon pacar. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi telpon pacar. (Unsplash/Rawpixel)

 

Peneliti menyimpulkan bahwa hal ini terjadi karena mereka ingin semirip mungkin dengan pasangannya. Sebab, suara pria lebih rendah, maka wanita berusaha menyamakannya. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Sifat Wanita yang Bikin Pria Makin Jatuh Cinta

Itulah sedikit penjelasan mengapa suara akan berubah saat kamu jatuh cinta. Mungkin kamu tak menyadarinya. Coba tanyakan kepada teman terdekatmu. Mungkin mereka yang justru sadar akan perubahan tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI