Beauty

Bagus untuk Kulit, Konsumsi 6 Makanan Kaya Kolagen Ini

Kabar baik, makanan ini lezat!

Agung Pratnyawan | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi cewek. (Unsplash)
Ilustrasi cewek. (Unsplash)

Dewiku.com - Kolagen merupakan protein utama yang membantu menyusun tubuh manusia, terutama jaringan kulit. Itulah mengapa kolagen sangat erat dengan concern produk-produk kecantikan sebab dapat membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembap sehingga seseorang tetap terlihat awet muda.

Namun seiring bertambahnya usia dan faktor eksternal, produksi kolagen akan menurun. Maka dari itu, selagi masih muda jaga produksi kolagen dalam tubuh dengan makanan kaya kolagen berikut ini.

1. Sayuran hijau gelap

Sebuah studi di Prancis menyebutkan, mengkonsumsi 10 mg bayam akan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit, serta memerangi keriput. Maka dari itu, masukkan sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kale, dan brokoli dalam menu harian karena mereka mengandung antioksidan dan lutein.

Ilustrasi brokoli. (Unsplash)
Ilustrasi brokoli. (Unsplash)

 

2. Kacang-kacangan

Apakah kamu tahu kalau produk kacang-kacangan mengandung hyaluronic acid? sebuah kandungan alami yang mampu menahan kelembapan sehingga mampu menghidrasi kulit. Konsumsi setidaknya dua sendok makan kacang-kacangan setiap hari. Tentunya bukan kacang yang digoreng ya.

3. Ikan dan daging tanpa lemak

Konsumsilah ikan yang kaya kandungan omega 3 seperti mackerel, salmon dan tuna serta daging tanpa lemak dari hewan ternak pemakan rumput. Omega-3 bakal membuat sel tetap kenyal sehingga kulit terlihat lebih muda. Makanan tersebut juga mengurangi inflamasi dan mengandung asam amino esensial untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

4. Vitamin C

Buah dan sayur kaya akan vitamin C merupakan sumber produksi kolagen alami. Kamu bisa memasukkan jeruk, lemon, dan kiwi sesering mungkin.

Ilustrasi buah lemon untuk perawatan wajah. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi buah lemon. (Unsplash/rawpixel)

 

5. Kaldu tulang

Selain lezat, ladu tulang ternyata bisa jadi salah satu cara untuk memperbarui kolagen pada kulit. Gelatin yang terkandung di kaldu tulang bisa mencegah inflamasi dan penuaan dini.

6. Produk kedelai

Produk berbahan kedelai seperti susu kedelai dan keju mengandung elemen yang disebut genistein. Elemen itu merupakan sumber kolagen serta membantu menghambat enzim yang mudah hancur dan membuat kulit cepat tua.

Berita Terkait

Berita Terkini